oleh

Dinkes Mamuju Minta Warga Waspadai DBD

2enam.com, Mamuju : Dinas Kesehatan (Dinkes) Mamuju mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap penularan Demam Berdarah Dangue (DBD).

Meski saat ini tidak ada temuan kasus baru namun Dinkes meminta agar warga mewaspadai hal tersebut

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P), Dinkes Mamuju, Alamsyah Thamrin menyebutkan, untuk sementara ini belum ada tambahan kasus.

“Belum ada juga laporan dari RS terkait kasus baru. Data Dinkes Mamuju dari Januari sampai Juli, ada 35 kasus. Tapi itu sudah sembuh semua,” kata Alamsyah, Rabu 28 Juli 2021.

Alamsyah menambahkan, pihaknya bakal terus melakukan upayakan edukasi dan sosialisasi kemudian melakukan penyemprotan fogging ketika ada kasus baru.

“Semoga tidak ada lagi kasus baru,” sebutnya.

Alamsyah menyebutkan, peningkatan kasus biasanya terjadi akibat beberapa faktor, termasuk cuaca, peningkatan populasi vektor nyamuk penular DBD serta kebersihan lingkungan yang kurang terjaga. Vektor tersebut berkembang biak di tempat genangan air, seperti ban bekas atau tempat penampungan air lainnya.

“Bagaimana berperilaku hidup bersih dan sehat dengan menerapkan 3M. Menguras bak penampungan minimal dua kali dalam sebulan. Menanam kaleng yang berisi air dan genangan air lainnya,” pungkas.

M4R10

Komentar