oleh

Dewan Sebut Museum Tak Bermamfaat

-Mamuju, Sulbar-27 views

2enam.com, Mamuju :  DPRD Mamuju menilai museum yang terletak di area rumah adat (rudat) Mamuju, hanya menjadi hiasan belaka.

Pasalnya sejak didirikan pada 2016 silam menggunakan APBN, museum tersebut belum pernah beroperasi maksimal. Bahkan benda-benda bersejarah atau peninggalan kerajaan Mamuju, tidak ada di dalam museum tersebut.

“Bangunannya begitu saja (kosong, red) tidak ada gunanya, jadi buat apa itu museum kalau tidak difungsikan,” ujar Anggota Komisi I DPRD Mamuju, Bahrun Rasyid, Kamis (19/04/18).

Disebutkan, seharusnya eksekutif mengumpulkan ketua adat dan tokoh masyarakat untuk merundingkan, benda-benda kebudayaan yang bernilai historis untuk dimasukkan ke dalam museum. Tapi upaya itu pun belum ada hingga kemarin. Dia pun menyimpulkan jika pemerintah daerah tidak serius mengelola museum.

“Kita datangkan tokoh dari semua kecamatan. Apa-apa saja yang ada di daerah mereka yang bisa masuk museum. Supaya kita juga punya benda peninggalan yang bisa dilihat warga,” tegasnya.

Tak hanya itu, Bahrun juga menyoroti rumah adat . Menurut politisi golkar itu, mestinya rudat yang berada di tengah kota, selalu difungsikan. Tak hanya membahas soal kerajaan, tapi menjadi objek wisata dan melaksanakan kegiatan budaya bagi siswa.

“Jangan cuma ulang tahun Mamuju baru dipakai lagi dan pelantikan raja baru dipakai lagi. Kalau begini kan kurang berguna menurut saya,” sebut Bahrun.

Bupati Mamuju, Habsi Wahid mengatakan, tidak maksimalkan fungsi museum disebabkan aset tersebut belum diserahkan secara resmi ke Pemkab Mamuju.

“Kendalanya karena belum ada akta hibahnya,” sebut Habsi.

Jika seandainya museum itu sudah diserahkan, kata Habsi ia akan mulai mengisi museum itu dengan benda-benda kebudayaan dan sejarah yang memiliki historis dengan Mamuju. Tapi sebelumnya itu harus berunding dulu dengan pemangku adat, mengenai benda-benda sejarah yang bisa dimasukkan dalam museum.

“Yah nanti kita akan programkan apa yang akan kita isikan. Sebenarnya ada (mencari dan memasukkan benda peninggalan kerajaan Mamuju, red) cuma belum sampai ke sana,” tutupnya.(74b*)

Komentar