oleh

Danlanud Sam Ratulangi: Tidak Ada Tentara Hebat, Yang Ada Terlatih

2enam.com,  Manado : Komandan Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi Kolonel Pnb Abram Tumanduk menegaskan bahwa tidak ada tentara yang hebat, yang ada adalah tentara yang terlatih. Hal ini disampaikannya saat memulai Latihan Menembak di Lapangan Tembak Lanudal, Mapanget Sulut, Kamis (05/11/2020).

Lebih lanjut dikatakannya, militer profesional diciptakan melalui latihan-latihan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut “Sebab itu, penting bagi setiap prajurit TNI untuk menjaga tingkat kesiapannya secara terus menerus, tanpa henti”, ujarnya sambil ikut ambil bagian dalam latihan.

“Latihan rutin seperti ini, dititikberatkan pada aspek bagaimana memantapkan jiwa militansi bagi prajurit TNI Angkatan Udara”, jelasnya.

Sebagaimana tertuang dalam pasal 10 Undang Undang RI No 34 tahun 2004. Bahwa, tugas pokok TNI AU adalah melaksanakan tugas TNI matra udara bidang pertahanan, menegakkan hukum dan menjaga keamanan wilayah yuridiksi Nasional sesuai dengan ketentuan hukum Nasional dan Internasional yang telah diratifikasi serta melaksanakan tugas pembangunan dan pengembangan kekuatan matra udara serta pemberdayaan wilayah pertahanan udara.

“Dalam rangka melaksanakan tugas pokok tersebut itulah, maka Tentara Langit Lanud Sam Ratulangi harus tangguh, memiliki kualitas, militansi serta keahlian menembak yang terlatih”, tegasnya.

Sementara itu, Kapten Tek Purwanto menjabat sebagai Kepala Seksi Operasi dan Latihan menerangkan bahwa Lanud Sam Ratulangi telah secara rutin melaksanakan latihan menembak di lapangan tembak Lanudal milik TNI AL. Materi menembak pistol dan menembak laras panjang dilakukan dalam dua hari ini (Kamis dan Jumat).

Kegiatan menembak dilanjutkan pada Jumat esok harinya. Khusus latihan menembak senapan bagi anggota yang BKO Kodam dan anggota yang belum melaksanakan latihan menembak senapan.

Pentak Lanud Sam Ratulangi

Komentar