oleh

Dandim 1418/Mamuju : Tenda Pengungsian di Stadion Dapat Menampung Sekitar 1.000 Orang.

2enam.com, Mamuju : Tenda terpasang di Stadion Manakarra Mamuju yang dapat menampung sekitar 1000 orang pengungsi dilengkapi dengan dapur umum, MCK, tenda kesehatan dan tenda tempat belajar anak – anak yang dilengkapi dengan beberapa orang guru pengajar.

Menurut Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono ketika ditemui dilapangan Stadion Manakarra mengatakan, sejak tanggal 16 Januari 2021 beberapa tenda telah didirikan oleh TNI dengan harapan para Pengungsi yang berada disekitar Stadion yang menggunakan tenda plastik segera pindah ketenda yang disiapkan oleh TNI.

” Tenda yang kita dirikan didalam Stadion dilengkapi dengan fasilitas mendasar yang dibutuhkan seperti MCK, Penerangan, pelayanan Kesehatan, tenda trauma healing dan dapur umum untuk melayani warga yang mengungsi ”
Ucap Dandim 1418/Mamuju.

Ditambahkan pula oleh Dandim, tenda yang didirikan dalam stadion, sudah mulai disiapkan dan dibangun sebelum ada informasi Kunjungan Presiden.

” Jadi bukan didirikan karena ada kunjungan Presiden ” tutur Dandim.

Dandim lebih jauh mengatakan, mengingat jumlah pengungsi cukup banyak sehingga ada penambahan tenda dari Kementerian sosial.

” Tidak benar apabila ada yang mengatakan pengungsi dimasukkan di Stadion hanya karena adanya kunjungan Presiden RI ” tandas Kolonel Inf. Tri Aji Sartono.

Lebih lanjut Dandim mengatakan tenda yang didirikan oleh warga disekitar Stadion Manakarra tidak dapat dijamin keamanannya karena hanya diikat dengan tali dan mudah terbongkar ketika ditiup angin, apalagi disekitarnya tidak dilengkapi dengan MCK sehingga untuk membuang kotoran tentunya mereka kewalahan.

” tenda yang didirikan dalam stadion dibuat secara permanen dan dapat digunakan selama pengungsian ” terang Dandim 1418/Mamuju

Ibu Nurianti, 42 thn, pengungsi dari Kel. Rimuku Kec.Mamuju ketika ditemui mengatakan, dirinya bersama keluarga berada ditenda diluar Stadion, namun ketika dihimbau untuk masuk distadion, dirinya bersama beberapa keluarganya masuk di tenda yang telah disiapkan oleh Pemerintah.

“pada awalnya saya dan Keluarga tidak mau masuk ditenda dalam stadion, namun ketika saya melihat ada beberapa pasilitas disiapkan, saya dan Keluarga memutuskan untuk masuk menempati tenda yang telah disiapkan ” ucapnya

Senada apa yang diucapkan Nursartika, 27 thn, pengungsi dari Kel. Binanga. Kec. Mamuju bahwa dirinya tidak pernah dipaksa untuk menempati tenda dalam stadion.

” Saya masuk atas kesadaran sendiri, dan Saya sudah nyaman ditenda ini ” kata Nursartika.

Nursartika juga berharap di setiap tenda disiapkan ember dan gayung.

Penrem 142 Tatag

Komentar