oleh

Dandim 1418 Mamuju ; Pancasila Sudah Lengkap

-Mamuju, Sulbar-31 views

2enam.com, Mamuju, Menjelang hari kesaktian pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober, Komando Distrik Militer 1418 Kabupaten Mamuju melakukan sosialisasi nilai – nilai pancasila dikalangan pelajar tentang bahaya radikalisme yang dapat mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Jumat, (30/09/2016).

Olehnya itu, demi menjalankan tugasnya komandan kodim 1418 Mamuju, Letnan kolonel Arhanud M Imran mengatakan bahwa pancasila itu sudah lengkap seperti yang ada pada sila pertama Ketuhanan yang Maha Esa yaitu percaya dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa sesuai dengan Agama dan kepercayaan masing – masing , Kemanusian Yang Adil Beradap yaitu mengakui persamaan derajat persamaan hak dan kewajiban antara sesama manusia, Persatuan Indonesia yaitu menempatkan kesatuan, persatuan, kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi, Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat dan Kebijaksanaan Dalam Permusyarawatan/Perwakilan yaitu mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat serta keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia yaitu mengembangkan perbuatan – perbuatan yang luhur, mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan serta gotong-royong.

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Mamuju H. Irwan SP pababari, SH.,MTP, Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (KESBANGPOLDANLINMAS), Guru – guru, Mahasiswa dan seluruh Siswa/siswi SMA dan SMP di Ruang Pola lantai 3 Kantor Bupati Mamuju.

H. Irwan SP Pababari yang membuka acara tersebut mengatakan semoga dengan melalui sosialisasi pancasila, dapat menjadi pedoman dalam kehidupan sehari – hari, pancasila merupakan sumber hukum sekaligus kerangka acuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) karena Pancasila sebagai dasar Negara telah dapat mempersatukan Rakyat Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam Agama, Suku, Bangsa, Bahasa , Asal – Usul Keturunan ditingkat Sosial Ekonomi.

kita hanya perlu kembalikan Pancasila pada rel yang seharusnya, sehingga melalui sosialisasi ini dapat diharapkan empat konsensus dasar Nasional yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI dapat menjadi pedoman kehidupan bermasyarakat dan bernegara di Indonesia khususnya di Kabupaten Mamuju,Pungkasnya.

Bukan itu saja, salah seorang siswi SMA Negeri 1 Mamuju bernama Nice Right Reschita dengan semangat mengegaskan pancasila sudah kuat dan sekarang tergantung dari pemudanya bagaimana cara menerapkan nilai pancasila sehingga membuat Negara ini menjadi lebih baik dan harus di perkuat oleh generasi muda yang membuat Negara Indonesia lebih kuat lagi.

“karena semangat pancasila tidak boleh dirubah sudah banyak pahlawan yang telah gugur dan pancasila telah mempersatukan bangsa ini, pancasila mengajarkan kita melakukan apapun dengan baik”, Katanya. (HMS. LSDH *)

Komentar