oleh

Buka Layanan Pengaduan Online, DPRD Harap Fungsi Legislatif Maksimal

2enam.com, Mamuju : DPRD Mamuju membuka layanan pengaduan publik secara online. melalui website guna menyerap semua aspirasi dari masyarakat dan menjalankan fungsi pengawasan legislatif.

Ketua DPRD Mamuju, Siti Suraidah Suhardi melalui pesan Whatssapp mengatakan, layanan ini dibuat untuk memaksimalkan penggalangan aspirasi dan fungsi dewan. Termasuk memudahkan warga yang ingin mengadukan persoalan yang mereka alami di sekelilingnya melalui portal tersebut.

“Warga bisa mengadu ke kami tanpa harus mendatangi gedung DPRD. Cukup melalui android mereka. Layanan ini juga sekaligus menjawab era milenial untuk mempermudah warga melakukan pengaduan,” katanya saat dihubungi via WhatsApp Massenger, Selasa (10/04/18).

Buka Layanan Pengaduan Online, DPRD Harap Fungsi Legislatif Maksimal

Lebih lanjut Suraidah menjelaskan, jika ada warga yang mengadu menggunakan layanan tersebut, maka secara otomatis, aduan mereka masuk ke setiap anggota dewan. Setelah itu, dewan yang berwenang atas aduan itu akan akan menyampaikan langsung ke pimpinan OPD atau siapapun yang bertanggungjawab untuk menyelesaikan keluhan warga.

“Misalnya ada keluhan di RSUD, kami akan langsung menyampaikan ke direkturnya memalui handphone pribadi mereka, untuk ditindaklanjuti,” jelasnya.

Suraidah mengaku tidak mengetahui secara jelas mengenai sistem operasionalnya. Sebab, layanan tersebut di pihak ketigakan. Dewan hanya menerima manfaat dan menindaklanjuti keluhan warga.

“Semalam ada masuk aduan pukul 23.00 Wita. Jadi layannya tidak berbatas waktu (24 jam, red),” tandasnya.

Sementara itu Jaya warga Jalan Andi Makkasau, Kelurahan Karema saat ditemui mengaku, layanan ini menjadi salah satu terobosan baru yang patut diapresiasi. Selama ini jika ingin menyampaikan persoalan harus ke gedung DPRD dan bertemu langsung para legislator. Sebaliknya, melalui website dan sms itu, warga lebih mudah berkomunikasi dengan DPRD.

“Menurut saya, layanan ini juga untuk memacu warga untuk lebih aktif mengadukan persoalan yang selama ini masih jarang dilakukan. Termasuk memaksimalkan peran DPRD sebagai perpanjangan tangan masyarakat,” tuturnya.

Adapun website pusat layanan dari DPRD Mamuju www.aduandprdmamuju.id dan juga dapat mengirimkan aduan via SMS di 085242368499. (74b*)

Komentar