oleh

Brimob Polda Sulbar Simulasi Kendaraan Dapur Lapangan

2enam.com, Mamuju : Menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klematologi dan Geofisika (BMKG) pusat, sebagian besar wilayah Indonesia akan terdampak fenomena La Nina pada Tahun 2021, sementara itu prakiraan BMKG majene, hujan akan terjadi 3 bulan terakhir terhitung mulai bulan November 2021 hingga Januari 2022.

La Nina merupakan fenomena Suhu Muka Laut (SML) di Samudera Pasifik bagian tengah mengalami pendinginan di bawah kondisi normalnya, hal ini mengurangi potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan meningkatkan curah hujan di wilayah Indonesia secara umum yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, dan sebagainya.

Di penghujung tahun ini, efek fenomena La nina mulai terjadi di Wilayah Sulawesi Barat dengan adanya tanah longsor di beberapa lokasi yang melumpuhkan ruas jalan trans Sulawesi seperti yang terjadi di kecamatan onang Kabupaten Majene dan Kecamatan Tapalang Kabupaten Mamuju.

Guna mengantisipasi terjadinya bencana alam susulan yang memaksa Masyarakat harus mengungsi, Brimob Polda Sulbar melakukan simulasi dapur umum dengan menggunakan 2 unit kendaraan Dapur Lapangan (Randurlap) di Mapolda Sulbar, Selasa (16/11/21).

Diitemui saat menyaksikan dan menyantap makanan yang disajikan personil randurlap Brimob bersama dengan Kapolda Sulbar Irjen Pol Eko Budi Sampurno dan para Personil Polda Sulbar, Kepala Satuan Brimob Sulbar Kombes Pol Iwan Sazali mengklaim bahwa kendaraan taktisnya tersebut dapat menyiapkan ratusan porsi makanan siap santap dalam waktu singkat.

Ia membeberkan bahwa kendaraan tersebut memang disiapkan untuk dapat di membantu Masyarakat dalam situasi apapun khususnya saat terjadi bencana alam.

“Seperti yang kita lihat saat ini, Alhamdulillah personil Randurlap Brimob Sulbar dapat menyediakan makanan siap santap dalam waktu singkat, semoga dengan hadirnya kendaraan ini dapat membantu meringankan beban Masyarakat yang tertimpa bencana alam”, Tutur Kasat Brimob.

Humas Polda Sulbar

Komentar