BPBD Mamuju Susun Rencana Kontinjensi Bencana

Mamuju63 views

2enam.com, Mamuju : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) diminta segera menyusun rencana kontinjensi agar tata laksana pasca bencana di daerah dapat berjalan dengan baik.

Kepala BPBD Mamuju, Muhammad Ali Rachman mengatakan, ada lima poin yang ditekankan presiden, yakni bersinergi dan bersama-sama, menyusun rencana kontijensi, pendekatan kolabiratif dan melibatkan penthalix, tingkatkan kepemimpinan dan sumber daya manusia dan TNI dan Polri dukung upaya penanggulangan.

Namun, lanjut Ali, paling penting dari semua poin tersebut adalah, menyusun rencana kontinjensi. Setiap kepala daerah harus segera menyusun rencana tersebut termasuk menyiapkan sarana dan prasarana kesiapsiagaan.

“BPBD Mamuju sudah berkoordinasi dengan Bappepan (Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan, red) tentang hal ini. Karena ini menjadi warning bagi kami. Setiap daerah harus betul-betul menyikapi kebencanaan yang marak terjadi,” kata Ali, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin 10 Februari.

Ali menambahkan, bakal mencoba merumuskan rencana kontigensi dengan melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi terkait. Hanya saja, lanjut Ali, BPBD Mamuju terkendala dalam menyediakan sarana dan prasarana.

Menurut Ali, dengan rencana kontijensi, seluruh OPD bisa dilibatkan. Apa yang tidak dimiliki BPBD bisa disediakan oleh OPD lain.

“Contohnya, kami di sini tidak punya alat berat, tapi di PUPR (Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, red) ada. Kami bisa gunakan itu. Begitu pun juga tangki air, kami bisa gunakan milik OPD terkait,” ujar Ali.

Tujuan kontijensi, sambung Ali, bagaimana supaya setiap OPD berkolaborasi dalam menangani bencana. “Semoga hal ini dapat dipahami OPD lain,” pungkasnya

(4D3)

Komentar