oleh

BI Sulbar : Kami Tidak Pernah Mendeskriminasikan Wartawan

-Mamuju, Sulbar-16 views

2enam.com, Mamuju : Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Barat (Sulbar), Dadal Angkoro memgatakan pihaknya tidak melakukan diskriminasi terhadap wartawan.

Hal tersebut dikatakan Dadal terkait issu yang beredar, dimana pihan BI Sulbar hanya mengundang wartawan yang telah melakukan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk mengikuti kegiatan yang mereka laksanakan, Minggu (22/04/18).

“BI Sulbar tidak pernah membatasi rekan wartawan untuk meliput berita. BI Sulbar selalu terbuka untuk peliputan dalam setiap kegiatan yang dilakukan. Dan selama saya di Mamuju, saya tidak pernah melakukan diskriminasi terhadap rekan wartawan,” katanya.

Lanjut Dadal, terkait kegiatan pelatihan wartawan yang akan dilaksanakan BI Sulbar, pihaknya hanya mengundang wartawan yang mereka kenal saja, dengan menganalogikan undangan tersebut seperti undangan pernikahan.

Terkait masalah undangan yang hanya diperuntukkan wartawan yang telah melakukan UKW, dalam menjelaskan kalau mereka bersandar kepada ketentuan lembaga pers dan untuk mengikuti kegiatan dari BI Sulbar tersebut terdapat beberapa ketegori atau syarat.

“Pelatihan wartawan adalah upaya kami membantu lembaga Pers yang sudah diakui eksistensinya secara hukum.
Tentunya mereka punya kriteria untuk memastikan profesionalisme dan integritas insan pers. Sebagai implikasi, tentunya BI Sulbar bersandar pada pendapat lembaga pers sebagai ahlinya dan ketentuan yg dikeluarkan olehnya,” jelasnya.

“Pelatihan ada berbagai macam kategori. Seperti anak sekolah, tentunya tidak bisa langsung masuk SMA meski usia sudah 17 tahun, bila belum memiliki ijasah SD dan SMP. Pelatihan yg diadakan minggu depan, formatnya speperti itu,” jelasnya lebih lanjut.

Sekali lagi Dadal menegaskan, pihak BI Sulbar tidak pernah melakukan diskriminasi terhadap wartawan dalam hal peliputan.

“Jadi BI Sulbar tidak melakukan diskriminasi karena tidak pernah melarang peliputan berita. Acara pelatihan wartawan yang diadakan BI Sulbar adalah kontribusi kami untuk bersama-sama lembaga Pers untuk memajukan insan Pers. Dan sifatnya adalah undangan, bukan peliputan,” pungkasnya.(74b*)

Komentar