oleh

Berkas Kasus Korupsi APBD Sulbar 2016 dilimpahkan ke PN Mamuju

-Mamuju, Sulbar-12 views

2enam.com, Mamuju : Kejaksaan Negeri (Kejari) Mamuju melimpahkan berkas kasus korupsi keempat mantan unsur pimpinan DPRD Sulbar ke Pengadilan Negeri (PN) Mamuju, Rabu (18/04/18).

Keempat mantan pimpinan DPRD Sulbar terjerat kasus korupsi dana APBD Sulbar 2016, dimana disinyalir merugikan negara milliaran rupiah.

Penyerahan berkas keempat mantan unsur pimpinan DPRD Sulbar diserahkan langsug Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Mamuju, Andi Muh Hamka dan diterima langsung oleh Kepala PN Mamuju, Berlin Sihombing.

Kajari  Mamuju  menegaskan bahwa hari ini pihaknya melimpahkan berkasa kasus korupsi APBD Sulbar tahun 2016 ke Pengadilan Negeri Mamuju.

“Pada hari ini kita telah melimpahkan berkas perkara korupsi yang melibatkan empat mantan unsur pimpinan DPRD Sulawesi Barat, kepada Pengadilan Negeri Mamuju. Semoga dengan pelimpahan berkas ini berjalan dengan baik dan lancar,” Ujar Hmka.

Lanjut Kajari, untuk sementara pihaknya belum memasukkan perihal kerugian negara, dimana yang limpahkan oleh pihak Kejari ialah berkas dan beberapa barang buktinya.

Kejari Mamuju menjelaskan, jika jaksa yang akan melakukan persidangan sebahagian besar berasal dari Pengadilan Tinggi Sulsel.

“Terkait perkara ini, jaksa yang akan disiapkan untuk menyidangkan kurang lebih 20 orang. Dimana sebagian jaksa berasal Pengadilan Tinggi Sulawesi Selatan dan jaksa dari pengadilan negeri Mamuju,” jelasnya.

Sementara itu Ketua PN Mamuju, Berlin Sihombing  juga mengatakan setelah kita berkordinasi dan pelimpahan berkas kita sudah terima maka minggu depan atau mulai hari senin kita sudah mulai persidangannya.

“Kalau berkas ini sudah dilimpahkan kepengadilan  lengkap atau tidak lengkap itu akan dinyatakan dalam persidangan  yang akan kami siapkan 3 atau 5 hakim yang berkompeten sesuai sertifikasi yang ia miliki,” ujarnya.

“Untuk keamananya selain dari Pihak kepolisain saya juga meminta kepada rekan rekan pers dimana fungsi pers sebagai alat kontrol olehnya itu  saya harapkan rekan rekan pers dapat menjaga keamanan,” tutup Kepala PN Mamuju. (74b*)

Komentar