oleh

Berdasarkan Kinerja Tidak Ada Diskriminasi Tenaga Kerja Asing dan Lokal

2enam.com, Mamuju : Masuknya tenaga kerja asing di Indonesia menuai banyak polemik, salah satu diantaranya persoalan gaji yang dinilai diskriminatif antara tenaga kerja asing dan lokal.

Kabupaten Mamuju tidak luput dari eksodus tenaga kerja asing tersebut, sebab terdapat beberapa proyek strategis yang sedang berjalan di sulawesi barat.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kanwil Kemenkum HAM Sulbar, Andi Farida S.H M.Si mengatakan perbedaan gaji antar tenaga asing dan lokasi sangat dipengaruhi oleh kinerja berdasarkan pantauannya saat berbicara dengan beberapa pekerja yang terlibat langsung ditempat kerja.

“Perbandingan kinerja antara tenaga kerja asing dengan lokal jauh sekali, kalau tenaga kerja asing itu memang tidak main-main tidak ada istirahat mereka bekerja sesuai kontrak,” katanya.

Lanjut Farida, misal kontrak kerja dari tenaga kerja asing dari pukul 07.00-16.00. Jadi mulai pukul 07.00 itu mereka kerja betul, tidak ada yang berbincang-bincang sampai jam istrahat, jadi jam istrahat setengah jam mereka manfaatkan betul, setelah itu mereka lanjut lagi bekerja sampai kontrak mereka selesai pukul 16.00.

Jadi menurut Farida, etos kerja dari tenaga asing tersebut patut dicontoh oleh tenaga kerja kita, jika ingin mendapatkan upah sesuai dan layak.

“Mungkin ini yang patut dicontoh oleh tenaga-tenaga kerja kita di Indonesia, bahwa mereka sudah seperti itu kinerjanya. Oleh karena itu mungkin mereka dibayar mahal,” tuturnya.

Lebih lanjut Farida mengatakan, pihaknya bisa mengupayakan agar upah tenaga kita bisa sama dengan tenaga kerja asing, jika mereka bisa mengimbangi cara kerja dari tenaga asing tersebut.

“Kan kita selalu protes, orang asing dibayar mahal dan tenaga kerja negara sendiri dibayar murah. Kenapa kita tidak bisa perjuangkan, karena kondisinya memang seperti itu, jadi kalau tenaga kerja kita bisa mengimbangi itu jadi kita bisa mengupayakan upah mereka sama dengan warga asing. Berdasarkan kinerja tidak ada diskriminasi,” pungkasnya. (74b*)

Komentar