oleh

Bawaslu Mamuju : Tidak Boleh Manfaatkan Covid-19 Untuk Berkampanye

-Mamuju-0 views

2enam.com, Mamuju : Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Mamuju mengingatkan agar semua pihak tidak memanfaatkan wabah Covid-19 untuk berkampanye. Termasuk mengawasi aktivitas bakal calon yang berniat maju di Pilkada.

“Semuanya terdata di kami, kami hanya pantau dan catat di form pengawasan, dan kami terus melakukan kajian setiap kegiatan yang berpotensi pelanggaran,” kata Koordinator divisi (Koordiv) Hukum Penanganan Pelanggaran Bawaslu Mamuju, Faisal Jumalang, Minggu, 19 April 2020.

Dia menuturkan, pada dasarnya tidak ada salahnya yang ingin membantu masyarakat. Misalnya melakukan pembagian masker, penyemprotan disinfektan, dan pembagian makanan atau sembako sebagai bentuk kepedulian.

“Alangkah beretikanya ketika kita semua kosentrasi dulu penanganan covid-19. Urusan politik janganlah dulu, jangan covid-19 ini dipolitisasi untuk kepentingan politik dalam rangka pilkada,” kata dia.

Apalagi, kata dia, jika kegiatan itu dibiayai pemerintah kemudian dimanfaatkan oleh kelompok tertentu. Hal ini dilarang dan berpotensi melanggar pasal 71 UU nomor 10/2016.

“Jadi yang kami lakukan sekarang pencegahan dan pengawasan saja untuk mereka yang diperkiran mau menjadi calon Bupati dan wakil Bupati,” katanya.

Sekadar diketahui, bakal calon bupati Mamuju, Sutinah Suhardi turun ke lapangan membagi seribu masker untuk masyarakat. Terakhir, ketua MPC Pemuda Pancasila Mamuju ini bersama anggotanya membagikan nasi kotak.

“Nasi kotak untuk warga yang membutuhkan. Kita usahakan 50-80 per hari. Rencana sampai bulan puasa. Untuk buka puasa yang membutuhkan,” katanya.

Dia memastikan aksi ini murni kegiatan MPC Pemuda Pancasila yang ingin membantu masyarakat yang membutuhkan. Tidak ada hubungannya dengan Pilkada.

“Sasarannya tukang becak, penjual emperan, masyarakat kurang mampu. Dana ini kita himpun dari masyarakat. Karena banyak yanng antusias membantu, jadi kita akan buka posko agar bantuan bisa terkoordinir,” katanya.

Hal serupa juga sudah dilakukan oleh bakal calon petahana, Habsi Wahid sebagai Ketua DPW Nasdem Sulbar. Sekretaris DPW Partai Nasdem Sulbar, Muh Jayadi menerangkan gerakan kepedulian sosial dalam rangka melawan wabah korona dilakukan berbagai kegiatan.

Selain menyemprot rumah-rumah warga, pelaksana kegiatan juga membagikan masker secara gratis kepada masyarakat maupun pengguna jalan yang melintas. “Untuk mencegah menularnya virus corona di Kabupaten Mamuju khususnya dan Provinsi Sulbar umumnya,” ujarnya.

Pihaknya tak lupa mengimbau para pengurus dan kader Nasdem se Sulbar agar menyempatkan diri melakukan gerakan kepedulian, bersama melawan wabah tersebut.

(4r)

Komentar