oleh

Bawaslu Mamuju Gandeng Satpol PP Tertibkan APK Paslon

2enam.com, Mamuju : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mamuju menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) milik masing-masing pakson di Pilkada Mamuju 2020.

APK yang ditertibkan itu merupakan APK yang tidak sesuai dengan PKPU dan kesepakatan KPU dengan masing-masing pihak paslon.

Komisioner Bawaslu Mamuju, Mustikawati mengatakan, penertiban ini serentak dilakukan di semua kecamatan di Mamuju. Penertiban dilakukan di beberapa titik yang sudah diinventarisir Panwascam.

“Semua memiliki inventaris titik di mana saja yang akan diturunkan. Paling banyak di Mamuju dan Simboro,” kata Mustikawati, Sabtu 17 Oktober.

Menurutnya, APK sudah diatur dalam PKPU. Seperti ukurannya, gambarnya dan lokasi pemasangannya. Sekalipun gambarnya dan ukurannya sesuai tapi kalau lokasinya tidak sesuai zonasi, juga harus ditertibkan.

Mustikawati menambahkan, penertiban APK baru dilakukan kali ini karena anggaran penertiban yang dimiliki Satpol PP baru dikucurkan.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Mamuju, Rusdin menyebutkan, Kecamatan Kalumpang dan Bonehau baru dilakukan penertiban. Kendalanya karena keterbatasan personel Satpol PP di sana.

“Personel Satpol PP Mamuju yang dibawa ke sana,” kunci Rusdin.

M4R10

Komentar