Bawaslu Mamuju Awasi Pencetakan Surat Suara Pemilu 2024

Mamuju, Sulbar24 views

2enam.com, Mamuju : Bawaslu Mamuju siap melaksanakan pengawasan pendistribusian logistik Pemilu 2024. Pengawasan pun dilakukan di tempat produksi logistik di berbagai daerah di Indonesia.

Ketua Bawaslu Mamuju, Rusdin mengatakan, pengawasan terhadap logistik tidak boleh dianggap sepele. Setiap logistik yang diproduksi harus sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Pihaknya tidak lagi mau terjadi masalah terkait logistik seperti di pemilu sebelumnya.

“Kita tahu bersama Pemilu 2019 itu ada lima TPS harus melakukan pemungutan suara lanjutan karena kekurangan atau surat suaranya tertukar. Kita tidak ingin ini terulang. Sejak pengadaan logistik tahap satu berupa bilik suara dan kotak suara kita sudah harus memastikan tempat penyimpanannya layak dan jumlahnya tepat,” kata Rusdin, Selasa 12 Desember.

Menurutnya, produksi berbagai logistik Pemilu 2024 dilakukan di beberapa tempat berbeda. Ada yang di Jakarta, Surabaya, Klaten, serta di daerah lain. Bawaslu Mamuju sudah pernah memantau langsung jalannya produksi logistik tersebut.

Ia menjelaskan, logistik utama yang kini berproses adalah surat suara. Semua logistik nantinya akan disimpan di Gudang Logistik KPU Mamuju.

Pihaknya, kata dia, telah memastikan Gudang Logistik KPU Mamuju dalam kondisi aman dan tak ada potensi yang bisa menyebabkan kerusakan pada logistik.

“Kita juga sudah mendapatkan jadwal pencetakan surat suara. Sudah ada beberapa lokasi yang ditunjuk KPU RI untuk mencetak surat suara,” ungkapnya.

Komentar