oleh

Bantuan Rumah Rusak Segera Disalurkan

2enam.com, Mamuju :  BPBD Kabupaten Mamuju menargetkan pencetakan buku rekening bagi penerima bantuan stimulan rumah rusak rampung pekan ini.

Kepala BPBD Mamuju, Muh. Taslim mengatakan, jika pencetakan buku rekening rampung pekan ini maka tim pendamping bakal turun ke rumah-rumah calon penerima.

Menurutnya, penerima DTH sudah bisa memanfaatkan bantuan itu. Sedangkan penerima bantuan stimulan masih akan menunggu.

“Prosesnya saat ini masih perampungan pencetakan buku. Setelah itu, bakal langsung diserahkan ke masyarakat,” sebutnya. Rabu, 8 September 2021

Penerima stimulan bakal didampingi oleh tim pendamping. Tim pendamping membantu warga dalam pembuatan RAB sesuai keinginan warga.

Sementara, lanjut dia, kategori rusak berat dua tahapan. Kalau pembangunan rumah sudah rampung 50 persen sesuai RAB, maka tahap dua disalurkan.

“Rusak berat itu sesuai Juklak, tidak tunai. Tapi hanya mengambil material dari toko. Yang tunjuk toko itu penerima. Satu pendamping kalau rusak berat 50 rumah. Kalau rusak sedang dan ringan, satu orang dampingi 100 rumah,” ungkap Taslim.

Ada tiga bank yang ditunjuk, yakni BNI, BRI dan Bank Sulselbar yang bakal melakukan penyaluran. Taslim menjelaskan, rekening yang dibuat bank berbeda dengan rekening pada umumnya.

“Bank membuat rekening sudah berdasarkan data penerima,” kunci Taslim

M4R10.

Komentar