Angka Pengangguran Capai 20.000, Disnaker Sulbar adakan Job Fair

Mamuju, Sulbar17 views

2enam.com, Mamuju – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) bekerja sama dengan beberapa perusahaan adakan bursa tenaga kerja (Job Fair) guna menekan angka pengangguran di Ball Room d’Maleo Hotel Mamuju, Selasa (06/03/18).

Dalam Job Fair kali ini diikuti sekitar 23 perusahaan yang ada di Sulbar, hal tersebut menurut pengakuan Kepala Disnaker Sulbar, Maddareski Salatin saat ditemui di acara tersebut.

Iya juga mengakui jika antusian para pencari kerja pada Job Fair kali ini sudah melampaui target yang diharapkan oleh Disnaker sendiri.

“Antusias sangat tinggi, dan sebenarnya sudah melampaui target kami yang awalnya hanya 1000 berkas, tapi sampai sekarang sudah 2000 berkas yang masuk dan yang akan terakomodir sekitar 400 orang,” tuturnya.

Selain itu ia juga mengatakan jika angka pengangguran di Sulbar saat ini mencapai 20.000 orang, berdasarkan angka angkatan kerja.

“Angka pengangguran saat ini 3.21%, dibawah rata-rata pengangguran tingkat nasional yaitu 5.6%. Jumlah pengangguran kita, kira-kira kurang lebih 20.000 orang dari jumlah angkatan kerja sebanyak 644.000, karena ini berpatokan pada angkatan kerja,” katanya.

Untuk semakin menekan angka pengangguran tersebut ia mengungkapan akan mengadakan kembali bursa tenaga kerja beberapa bulan kedepan.

“Kita akan laksanakan kembali Job Fair ini sekitar bulan 6 atau 7, dan itu tergantung dari APBN dan kami akan terus berkomunikasi dengan pihak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja,” ungkapnya. (74b*)

Komentar