oleh

Akibat Kemarau Panjang 700 Hektare Sawah di Kalukku Alami Puso

-Sulbar-17 views

2enam.com, Mamuju, – Terkait dampak kekeringan di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Koordinator PPL Kecamatan Kalukku, Subhan Pallawu mengatakan, bahwa ada 700 hektar sawah yang terdampak.

“Kalau untuk lahan sawah, saat ini sudah dikisaran 700 hektare yang Puso akibat kemarau yang terjadi,”ujarnya saat dikonfirmasi via telepon selulernya, Rabu (25/9/2019).

Ia juga mengatakan, meskipun ada irigasi di daerah tersebut, namun tidak maksimal. Ia juga mengungkapkan, bahwa secara umum alat sudah tidak menjadi masalah.

“Kita di Kalukku hanya ada beberapa irigasi di Beru-Beru dan Sinyonyoi itupun tidak maksimal. Artinya terkendala air karena secara umum kalau alat, tidak terlalu masalah walaupun masih ada beberapa tempat yang kekurangan tetapi secara umum itu tidak menjadi masalah hanya air yang dipermasalahkan,”kata Subhan Pallawu.

Lanjut Ia menjelaskan, bahwa kejadian tersebut mulai pada bulan Juli sejalan dengan musim kemarau yang terjadi di Kecamatan Kalukku.

“Sekalipun sekarang sudah mulai turun hujan, namun tidak berpengaruh pada tanaman petani yang sudah Fuso akibat kemarau panjang kemarin,”pungkasnya.

Setelah kemarau panjang kemarin, kata Subhan Pallawu, ada beberapa petani yang mengganti tanaman padinya dengan tanaman lain.

“Ada yang memang lakukan penggantian tanaman dari tanaman padi ke tanaman ubi, tetapi kita bergantung lagi pada hujan,”tutur Subhan Pallawu.

(Eka/*)

Komentar