oleh

Genangan Kerap Terjadi, Akibat Kapasitas Drainase Tak Maksimal

-Mamuju-4 views

2enam.com, Mamuju : Penanganan banjir dalam kota Mamuju perlu menjadi perhatian dari pemerintah.

Hal ini disebabkan pesatnya pembangunan perumahan, kantong-kantong air yang dulunya masih tersedia saat ini sudah di bangun pemukiman warga.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mamuju Salihi Saleh mengatakan,Gunung yang mempunyai lereng di ambil materialnya sehingga ketika hujan turun mengikis drainase sehingga menutup saluran.

“Dengan tertutupnya drainase ini menjadi tidak optimal, disamping drainase yang mempunyai penampungan masih kecil kemajuan pengembangan perumahan ini sehingga air kewalahan dalam drainase sehingga meluap,”Kata Salihi,Selasa(8/9/2020).

Selain itu endapan erosi yang turun dari gunung masuk kedalam saluran drainase sehingga menyebabkan luapan air.

“Saya kira fungsi drainase bagus karena terbukti pada saat hujan redah paling lama sejam kondisi genangan hilang,”ujarnya.

“Kita juga tidak bisa pungkiri bahwa drainase yang ada masih berfungsi,cuman pada saat kewalahan yang menyebabkan air meluap,”tambahnya.

Salihi Saleh juga menuturkan akan lakukan langkah akan memfungsikan satgas drainase setiap hari agar melakukan pembersihan seluruh drainase baik sampah maupun sendimennya.

“Yang tertutup dengan sampah itu secara prioritas harus dibersihkan satgas.disisi lain kita lakukan pemeliharaan kanal,kanal yang pecah bocor sekarang kita benahi,kita benahi agar kanal ini tidak jebol dan salurannya tetap bagus,”tutur Salihi.

(MRz)

Komentar