oleh

Air Terjun Barubu Tidak Terpelihara

2enam.com. Pasangkayu. Kabupaten Mamuju Utara, memiliki banyak obyek wisata, yang bisa menarik perhatian turis lokal. Salah satunya adalah wisata alam Air terjun Barubu, di desa Bukit Harapan, Kec. Bulutaba.

Namun cukup disayangkan, tempat wisata alam dengan wujud komposisi dua tingkat, memiliki ketinggian berkisar 25 meter yang berpotensi bisa menambah penghasilan desa dan daerah melalui PAD (Pendapatan Asli Daerah), tidak terpelihara dengan baik.

Salah seorang pengunjung Andi Nina Nursaid, yang dimintai pendapatnya mengatakan, bahwa ia dan teman-temannya sengaja datang jauh dari kota Pasangkayu, hanya untuk menikmati keindahan alam Air terjun Barubu. Namun setibanya disana, ia merasa sedikit kecewa melihat tempat air terjun tidak terpelihara.

“Secara pribadi saya kecewa capek kami tidak terbayar saat kami datang disini, dengan melihat tempat air terjun yang tidak terpelihara baik, padahal air terjun Barubu ini sangat bagus karena memiliki struktur dua tingkat”.

Kekecewaan tersebut ia utarakan, karena sekitar air terjun telah tertimbun dengan material longsor, serta kolam yang dijadikan tempat permandian, telah didiami dua batang kayu dengan posisi melintang di dalam kolam, sehingga pengunjung yang ingin berenang, di kolam bentukan alam tersebut menjadi terhalang.

Jarak tempuh, dari jalan desa ketempat Air terjun, berkisar 70 meter dan dari jalan poros berkisar 10 kilo meter, dengan menempuh dan melewati jalan berlubang yang juga butuh perhatian khusus dari pemerintah.

Ditempat terpisah, Kepala dinas Pariwisata dan Kebudayaan Matra, Nyoman Suwandi menuturkan, untuk tempat wisata di Matra, termasuk objek wisata minat khusus air terjun Barubu, tahun 2018 akan dibenahi, karena instansi yang ia pimpin, mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat melalui DAK (Dana Alokasi Khusus).

“Permintaan saya sudah dikabulkan oleh Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional) bahwa tahun 2018 nanti, tempat wisata kita mendapatkan DAK sebesar Rp.5 milyar dan nanti kita petakan peruntukannya termasuk Air Terjun Barubu” terang Nyoman Suwandi. (IHM*)

Komentar