oleh

ADD Sulbar Tahun 2019 Capai 560 Milliar

-Mamuju, Sulbar-10 views

2enam.com, Mamuju : Anggaran Dana Desa (ADD) untuk enam kabupaten di Sulawesi Barat (Sulbar) pada tahun 2019 akan mengalami peningkatan sekitar 20 persen.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Sulbar, Muh. Jaun saat ditemui di kantor Gubernur Sulbar, Selasa (18/12/18).

“Anggaran dana desa mengalami peningkatan antara 10 sampai dengan 20 persen tahun depan, dari 480 Miliar tahun 2018 menjadi 560 Milliar tahun 2019 ini,” ungkapnya.

Jaun menuturkan, anggaran tersebut ditujukan untuk enam kabupaten yang ada di Sulbar, terdiri dari 575 desa dengan besar yang vareasi untuk tiap desa.

“Besaran untuk masing-masing desa bervareasi, karena ada pagu yang sama, kemudian ada formula dua komponen yang membedakan antara satu dengan yang lain. Itu tergantung kesulitannya, jumlah penduduknya, orbitasi sari pusat pemerintahan,” tuturnya.

Lanjut Jaun, untuk tahun depan prioritas tidak pada pembangunan fisik lagi, hal ini disebabkan adanya inovasi berupa vareasi pemberdayaan sosialisasi dasar kepada masyarakat dan musyawarah desa.

“Dengan adanya pemberdayaan solosial dasar dan berdasarkan musyawarah desa, tidak ada lagi intervensi harus begini, meskipun setiap tahun ada Permendes keluar yang skala prioritas tapi tergantung juga dengan musyawarah desanya,” tutupnya. (74b*)

Komentar