oleh

ABM Komitmen Dukung Penuh Festival Maradika Mamuju

-Sulbar-5 views

2enam.com, Mamuju – Panitia Festival Maradika Mamuju 2019 terus mematangkan persiapan, Ketua Panitia, Irwan SP Pababari didampingi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbu) Mamuju, Kepala BPBD Mamuju dan rombongan melakukan Audiance bersama Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar didampingi Kepala Dinas Pariwisata Sulbar, Farid Wadji di ruang kerja Gubernur, Rabu 23 Oktober 2019.

Pada kesempatan tersebut, Ali Baal menyampaikan, komitmen Pemperov Sulbar dalam mendukung pelaksanaan event tersebut. Orang nomor satu di Sulbar ini menilai nilai kepariwisataan dan pelestarian budaya yang dimuat dalam festival Maradika Mamuju harus mendapat dukungan untuk kemajuan daerah.

Bahkan Ali menegaskan agar Pemkab se Sulawesi Barat harus ikut berpartisipasi dalam menyukseskan even yang menjadi forum silaturrahmi keraton Nusantara.

“Kita bersyukur karena apa yang telah direncanakan oleh Pemkab Mamuju dan pemuka adat di sini utamanya Pak Andi Maksum Dai itu bisa terwujud mengadakan pertemuan Raja-Raja se Nusantara yang dilaksanakan di kota Mamuju. Tentu perlu dukungan dari Pemprov, termasuk dukungan dar Bupati-Bupati, ada lima kabupaten kalau bisa harus mendukung,” tegasnya.

Dikatakan, bentuk dukungan dari Pemkab tersebut idealnya diwujudkan bukan hanya sekadar menghadirkan Raja-Raja yang ada di daerahnya.

” Pemkab juga harus hadir dengan prestasi-prestasi lokal. Misalnya ada kuliner masing masing, seni tari, atau seni suara dalam tiga hari pelaksanaan kegiatan ini nantinya,” lanjutnya.

Selain itu, Pemprov Sulbar, kata Ali Baal, pihaknya segera melayangkan surat resmi kepada pemerintah kabupaten untuk dapat secara aktif mendukung pelaksanaan festival Maradika Mamuju 2019 tersebut.

“Kami akan minta Pemerintah kabupaten agar mau membiayai kontingen-kontingen yang ada
di masing-masing daerah. Itu yang kita harapkan,” harapnya.

Ia menegaskan, apa yang dibutuhkan panitia pelaksana, akan dibantu Pemprov Sulbar. Menurutnya, bentuk fasilitasi atau bantuan yang dimaksud tentu akan disesuaikan dengan kemampuan pemprov Sulbar.

7⁷”Tentu melihat dengan kemampuan kita memberikan dukungan dan sesuai apa yang diharapkan. Memang ada masalah sedikit utamanya tentang pembiayaan, karena ini diajukan setelah perubahan APBD. Tapi itu bukan halangan untuk berbuat sesuatu, masih banyak jalan. Yang penting kegiatan ini bisa terlaksana, berjalan dengan baik dan mulus,” tandas Ali Baal Masdar.

(Fir/*)

Komentar