oleh

Abhan ; Antisipasi Potensi Kerawanan Pilkada 2020

2enam.com, Mamuju ; Penyelenggara dan semua stakeholder terkait diminta mengantisipasi potensi-potensi kerawanan Pilkada 2020.

Hal tersebut ditekankan Ketua Bawaslu RI Abhan ketika berkunjung ke Desa Bambu Kecamatan Mamuju, Minggu 8 Maret. Menurutnya, hal itu harus dilakukan mengingat Mamuju masuk di antara 15 kabupaten dan kota masuk dalam Indeks Kerawanan Pemilu (IKP).

“Harus ada koordinasi bersama. Komitmen bersama. Untuk mewujudkan Pilkada Mamuju yang berintegritas. Maka kita harus kerja sama. Tidak hanya Bawaslu dan KPU tapi semua komponen masyarakat,” kata Abhan, ketika diwawancari, Minggu 8 Maret.

Abhan mengaku, ditetapkannya Desa Bambu Kecamatan Mamuju sebagai salah satu kampung pengawasan di Mamuju untuk mendorong partisipasi masyarakat mewujudkan Pilkada damai dan jujur.

“Potensi pelanggaran bisa kita tekan. Politisasi sara bisa kita tekan. Ujaran-uajran kebencian bisa kita minimalisir dan netralitas ASN bisa terjaga serta tidak terjadinya politik uang,” ujar Abhan.

Abhan berharap, semua kompetitor nantinya akan berkompetisi secara fair tidak ada intimidasi dan sebagainya.

Kepala Desa Bambu, Samsul Sahri, meminta agar warganya tidak menerima politik uang. Selain itu, ia meminta wargany agar dapat bersama-sama mengawal Pilkada Mamuju 2020.

“Jangan pernah menerima politik uang dalam pilkada agar kita memilih pemimpin sesuai dengan hati nurani,” pungkasnya

(4d3)

Komentar