oleh

575 Desa di Sulbar Gunakan Aplikasi Siskudes

-Mamuju, Sulbar-26 views

2enam.com, Mamuju : Deputi BPKP RI Bidang Investigasi Iswan Elmi,  berharap kepada Pemprov dan Pemkab yang ada di Sulbar, serta stakeholder lainnya, dapat menerima kepala BPKP Sulbar yang baru dilantik , sebagai mitra kerja, dan kerjasama yang telah berjalan dengan  baik selama ini, ditingkatkan.

Iswan juga menyampaikan bahwa sebanyak 575 desa yang ada di wilayah Sulbar telah menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskudes) yang telah dibangun BPKP bersama Kemedagri.

“Ini tentu menjadi kebanggaan kita, karena 575 desa yang ada di daerah ini, telah menggunakan Siskudes dalam pengelolaan keuangannya” ungkapnya

Dikatakan , sesuai Peraturan Presiden RI (Perpers) nomor 192 tahun 2014, BPKP mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan keuangan negara atau daerah dan pembangunan nasional.

“Dalam melaksanakan tugas pengawasan demi terciptanya akuntabilitas keuangan dan pembangunan nasional tersebut, BPKP harus memastikan tegaknya dua pilar akuntabilitas yang telah menjadi ditarget rencana pembangunan jangka menengah nasional 2015-2019 yaitu mencapai maturitas level 3 SPIP dan APIP” kata Iswan

Kepala BPKP Sulbar Fauqi Achmad Kharir mengatakan, akan segera menjalankan tugasnya dengan baik, terutama melakukan berkoordinasi dan sinergitas dengan Pemprov, Pemkab, serta stakeholder lainnya.

“Saya sangat bersyukur hari ini bisa dilantik pak Gubernur, dan berharap semoga saya dapat di terima di daerah ini” tuturnya

Sebagai kepala BPKP Sulbar yang baru, Fauqi menegaskan , sebagai langkah awal dalam waktu dekat akan membantu mendorong Pemda, melaui bimbingan teknis penggunaan aplikasi atau sistem terkait keuangan yang sudah dibangun.

lanjut Fauqi mengatakan akan melanjutkan program kegiatan yang sudah dijalankan pejabat lama bersama Pemprov dan pemda, seperti yang sudah direncanakan oleh paguyuban Instansi vertikal. (***)

 

Komentar