oleh

Prajurit TNI AL Lanal Mamuju Melepas Anak Penyu

-Sulbar-0 views

2enam.com, Mamuju :  Prajurit Pangkalan TNI AL Mamuju beserta Casis Bintara dan Tamtama PK TNI AL Mamuju melaksanakan pelepasan Tukik (Anak Penyu) di Pantai Jalan Rangas Lanal Mamuju, Senin (21/09/2020).

Letkol Marinir La Ode Jimmy H. R., M.Tr.Hanla., M.M (Komandan Pangkalan TNI AL Mamuju) mengatakan “habitat penyu semakin berkurang dan termasuk binatang yang dilindungi oleh pemerintah, tentu ini menjadi apresiasi kita bersama, Apalagi kami sebagai Prajurit TNI Angkatan Laut yang salah satu bagian tugas sebagai pemberdayaan wilayah pertahanan dalam rangka melaksanakan tugas pembinaan potensi maritim, salah satunya adalah membina SDM dan SDA yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan dan sekitarnya yang perlu dipertahankan dalam ancaman kepunahan.”

Ada beberapa faktor yang menyebabkan jumlah penyu semakin berkurang, seperti perburuan, rusaknya habitat penyu, dan perubahan iklim.

Penyu banyak diburu oknum yang tidak bertanggungjawab untuk dijadikan peliharaan, bahkan makanan. Jika hal ini terus berlangsung, dikhawatirkan dalam beberapa tahun lagi penyu akan benar-benar punah.

“Kami sengaja mengajak Pendaftar Casis Bintara dan Tamtama PK TNI AL agar mereka mengetahui dan ikut terlibat dan peduli menjaga kelestarian penyu dan lingkungan secara umum,” tutup Danlanal Mamuju.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir saat pelepasan tukik (Anak Penyu) di Pantai Rangas Lanal Mamuju antara lain Letkol Marinir La Ode Jimmy H. R., M.Tr.Hanla., M.M (Komandan Pangkalan TNI AL Mamuju), Kapten Laut (P) Bastian Arif Wiratama, S.ST.Han (Dan KAL Manakarra II-6-66), Letda Laut (PM) Eko Prasojo (Pgs. Paspotmar Lanal Mamuju), Para Perwira Staf Lanal Mamuju serta Casis Bintara dan Tamtama PK TNI AL TA. 2020.

(PEN LAJU)

Komentar