oleh

Pekan Ini Gaji 13 ASN Dimamuju Mulai Disalurkan

-Mamuju-2 views

2enam.com,  Mamuju : Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Mamuju, tak perlu lagi harap-harap cemas. Gaji ke-13 bakal disalurkan pekan ini.

Sudah ada petunjuk teknis (Juknis) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. Tinggal menunggu Peraturan Bupati (Perbup) yang sedang dalam proses. Jika, itu sudah rampung maka segera disalurkan.

Namun, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini ASN yang berhak mendapatkan gaji ke 13 hanya pejabat eselon III ke bawah. Pejabata eselon I dan II serta setingkat tidak kebagian.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Mamuju, Budianto Muin mengatakan, Perbup sementara dalam proses sebagai tindaklanjut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahub 2020.

“Diharapkan hari ini Perbupnya sudah rampung,” kata Budi, saat ditemui di kantornya, Senin 10 Agustus.

Pada saat yang sama, lanjut Budi, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membuat ampra gaji ke 13. Termasuk penerbitan Surat Perintah Membayar (SPM). Setelah SPM setiap OPD sudah terbit, lalu diproses di BPKAD untuk penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D).

“Dalam pekan ini, diharapkan gaji ke 13 telah tersalur ke masing-masing OPD,” imbuh Budi.

Kepala Bidang Keuangan BPKAD Mamuju, Endang memastikan gaji ke 13 belum dapat disalurkan saat ini. Perbupnya masih sementara digodok.

“Semua persoala gaji, bidang Perbendaharaan yang urus,” beber Endang.

Sekadar diketahui, Kemenkeu RI telah menuntaskan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) sebagai aturan turunan dari Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan, atau Penghasilan Ketiga Belas Tahun 2020 kepada PNS, TNI, Polri dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Kemenkeu menyatakan, komponen gaji ke-13 tahun ini sama seperti pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) pada Mei, lalu.

(4d3)

Komentar