oleh

WCD Kedua Kalinya Dilaksanakan di Indonesia

-Sulbar-12 views

2enam.com, Mamuju – World Cleanup Day (WCD) 2019 adalah sebuah gerakan bersih-bersih yang dilaksanakan serentak di 157 negara di dunia, dan Indonesia adalah salah satu negara yang terlibat dan berada di 34 provinsi termasuk Sulawesi Barat.

WCD 2019 melibatkan masyarakat luas terdiri dari pemerintah, kampus, sekolah-sekolah, komunitas dan organisasi yang berlangsung serentak seluruh Indonesia pada hari ini 21 September 2019.

WCD 2019 ini adalah kedua kalinya dilaksanakan, yang sebelumnya pada tahun 2018 yang kemudian mengantarkan Indonesia menjadi negara pertama yang memimpin aksi cleanup terbesar di dunia dengan melibatkan 7,6 juta relawan. Di samping itu, Tim Indonesia juga terpilih menjadi satu di antara 6 tim terbaik di dunia. dalam hal publikasi Media Indonesia menjadi negara keempat dengan reach out media tertinggi dari 157 negara.

Pada tahun ini, di mana kegiatan yang dimotori oleh gerakan relawan ini melibatkan 13 juta relawan di seluruh wilayah republik Indonesia 34 provinsi 516 kota atau Kabupaten.

Leader WCD Provinsi Sulawesi Barat, Andi Tendri Abeng pada sambutannya mengucapkan terimakasih kepada semua relawan yang berpartisipasi.

“Terimakasih yang sudah sempat hadir dan berpartisipasi, untuk Kabupaten Mamuju sendiri kita target 3.000 orang, sejumlah desa sudah melakukannya. Hari menjadi kebanggaan bagi kami. Karena hampir 3 bulan kami bergerak, kami tidak sangka kalau bisa sebanyak ini partisipasinya, kami tidak sangka pemerintah mau ambil bagian,” kata Tendri. Sabtu (21/9).

Kalian hebat, pemuda Mamuju hebat, terimakasih kepada semua pihak yang ikut serta dalam aksi ini, imbuhnya.

Leader WCD Kabupaten Mamuju, Andi Ayub Djubaer berharap aksi bersih-bersih yang dilakukan bisa menggugah kesadaran warga untuk senantiasa menjaga kebersihan.

“Hari ini kita memulai dan selamanya semoga terpatri dalam hati kita untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, dimulai dari lingkungan keluarga. Karena kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Saya berharap aksi bersih-bersih tidak hanya berhenti sampai disini tapi terus dilakukan dengan dukungan semua pihak,” kata Andi Ayub Djubaer.

Sementara itu, Kapolda Sulbar, Brigjen Pol Drs. Baharuddin Djafar dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak dan panitia yang ikut dalam aksi WCD 2019.

“Hari ini menjadi kebanggaan saya bisa bergabung dengan anda. Saya mengucapkan terimakasih kepada semua komunitas, kita mulai dari kita semua. Semoga apa yg dilaksanakan mendapatkan ridho Allah SWT,” kata Kapolda Sulbar.

Kapolda Sulbar juga berharap masyarakat Mamuju tersentuh dengan yang dilakukan dan menjadikan aksi bersih-bersih sebagian dari iman.

(Anhar/*)

Komentar