Timpora Gelar Operasi Gabungan di Mamasa

 

Mamasa – TIM PORA Kanwil Kemenkumham Sulbar melalui Divisi Keimigrasian melaksanakan operasi gabungan Pengawasan Orang Asing di Kabupaten Mamasa .

Operasi Gabungan Pemantauan Orang asing ini melibatkan berbagai instansi, seperti TNI, Polri, Kesbangpol, Binda, Bais TNI, Dinas Tenaga Kerja yang tergabung dalam Tim Pora, dan dipimpin langsung oleh Kasubbid Intelijen keimigrasian Kemenkumham Sulbar Firdaus bersama Tim dari Divisi Keimigrasian.

Dalam operasi ini, TIMPORA menargetkan sejumlah lokasi, diantaranya tempat wisata dan beberapa Hotel di Kabupaten Mamasa.
Selain itu tim juga mengawasi seorang WNA. Diketahui WNA tersebut merupakan program pertukaran budaya untuk mempelajari budaya di kabupaten Mamasa.

Dalam melaksanakan operasi pengawasan itu, petugas memeriksa dokumen-dokumen yang dimiliki oleh WNA diantaranya seperti paspor, izin tinggal dan lainnya.

Hasil dari operasi gabungan tersebut tidak ditemukan pelanggaran keimigrasian maupun pelanggaran administrasi lainnya yang dilakukan oleh WNA.

Dalam Operasi tersebut juga turut hadir Plt. Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Barat Herdin Ismail menyampaikan bahwa dalam rangka menjamin keamanan stabilitas politik persatuan dan kesatuan serta kewaspadaan terhadap segala dampak negatif yang timbul akibat keberadaan orang asing di daerah maka dilakukan pemantauan serta operasi gabungan secara terarah, terkoordinasi dan berkesinambungan.

Herdin Ismail mengapresiasi pelaksanaan operasi gabungan yang dilakukan ini membuktikan bahwa telah terjalin sinergitas antar instansi terkait dalam pelaksanaan pengawasan orang asing di Sulawesi Barat dengan berdasarkan kepada aturan dan ketentuan yang berlaku.

Sementara itu, secara terpisah Kakanwil Kemenkumham Sulbar, Pamuji Raharja menyampaikan bahwa pengawasan terhadap orang asing adalah kegiatan yang rutin dilakukan.

“Sehingga Operasi gabungan ini bertujuan untuk mengantisipasi deteksi dini keamanan dan ketertiban yang mungkin dilakukan oleh orang asing di Provinsi Sulbar khususnya di Kabupaten Mamasa” harap Kakanwil

rls

Komentar