Sambut Hari Bhayangkara ke-78 Polres Pasangkayu Aksi Tanam Pohon

Mamuju Utara, Sulbar60 Dilihat

2enam.com, Pasamgkayu :  Polres Pasangkayu gelar Aksi Tanam Pohon Dalam Rangka Hari Bhayangkara ke-78 Dirangkaikan Dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Dan Hari Bumi

“Aksi penanaman pohon ini kata Kapolres, dilakukan serentak di seluruh Polres jajaran Polda Sulbar secara daring”Ucap Kapolres Pasangkayu AKBP Candra Kurnia Setiawan S.I.K, pada Sabtu (15/6/2024)

Kegiatan ini dalam rangka peran serta Polri melaksanakan penghijauan, utamanya memprioritaskan tanah atau lahan tandus dan perlu adanya penghijauan,” ujarnya.

Penghijauan kata Chandra Kurnia Setiawan, harus dilakukan sejak dini, karena melalui penghijauan dengan menanam bibit pohon, alam akan terjaga.

“Terlebih di Pasangkayu, masih ada lahan yang gersang dan perlu mengembalikan serta meningkatkan efektivitas lahan agar berfungsi kembali dengan baik,” katanya.

Dengan melakukan penghijauan melalui penanaman bibit pohon lanjut Kapolres, secara tidak langsung akan bisa dinikmati oleh penerus bangsa.

“Kegiatan penanaman pohon ini, tidak cukup ditanam, tapi harus terus dirawat agar tumbuh dan berkembang. Oleh karena itu, Polri juga melibatkan TNI, pemerintah daerah dan masyarakat, terutama yang memahami bagaimana cara merawat pohon dengan benar,” terangnya.

Aksi penanaman pohon itu juga tambah Kapolres, dalam rangka upaya pencegahan tanah longsor bisa teratasi.

Adapun berbagai jenis bibit pohon yang ditanam, diantaranya, mangrove atau bakau, nangka, durian dan mangga.

Sementara, Kapolda Sulbar Inspektur Jenderal Polisi Adang Ginanjar pada aksi penanaman pohon yang dilakukan Polda Sulbar di Kabupaten Mamuju menyampaikan, Kegiatan ini dalam rangka hari Bhayangkara yang ke-78 dan dirangkaikan dengan kegiatan hari bumi dan hari lingkungan hidup sedunia.

“Polri di tanggal 1 Juli 2024 sudah berumur 78 tahun mudah-mudahan ke depan kita sebagai Polri semakin baik Berkaitan dengan pelayanan, pengabdian kepada masyarakat Bangsa dan Negara”ucapnya

Adapun tujuan penanaman ini adalah untuk memulihkan dan membersihkan udara dalam melestarikan lingkungan serta meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya pohon bagi kehidupan

“Kegiatan ini juga merupakan bagian dari upaya untuk ketahanan pangan dan mendukung program-program pemerintah terkait pertanian dan lingkungan hidup”katanya.

lanjut Kapolda Sulbar, Kami mengajak kepada seluruh hadirin untuk turut serta dalam program ini sebagai bentuk dukungan terhadap keamanan dari pada ketahanan pangan dan pelestarian lingkungan Selain itu kegiatan ini juga merupakan wujud nyata dari semangat suatu gotong royong dalam kebersamaan adalah menciptakan lingkungan yang lebih baik,

“kolaborasi antara kepolisian dan pemerintah daerah sangatlah penting dalam menyukseskan program-program lingkungan dan bergandengan tangan kita dapat mencapai hasil yang lebih baik yang memberikan dampak positif yang lebih besar bagi lingkungan dan masyarakat sekitar”tambahnya.

“Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai langkah awal dalam membangun budaya peduli lingkungan yang berkelanjutan sehingga dapat bermanfaat untuk generasi mendatang”tutur Kapolda Sulbar.

Humas Polres Pasangkayu

Komentar