Berkolaborasi Merawat Habitat Penyu di Pantai Landi

2enam.com, Mamuju : Pantai Landi di Kelurahan Rangas, Simboro masih menjadi tempat favorit bagi penyu belimbing (Dermochelys Coriacea) bertelur.

Itu terbukti dari masih banyaknya penyu yang bertelur di pantai tersebut. Telur-telur tersebut kemudian menetas dan melahirkan ratusan tukik yang kemudian dilepas secara bertahap, Minggu 9 Juni, kemarin. Setidaknya ada 65 ekor tukik dilepas Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin bersama Forkopimda dan masyarakat.

Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin mengapresiasi sejumlah pemuda dalam hal ini pemerhati lingkungan dan manakarra Snorkeling yang terlibat dalam upaya pelestarian terumbu karang di Mamuju.

“Ini langkah dan ini kekayaan alam yang dimiliki Mamuju semuanya harus kita jaga, Semua orang di dunia saat ini bagaimana menyelamatkan lingkungan dan disini banyak anak-anak muda aktif menyelamatkan lingkungan,” kata Bahtiar.

Termasuk penyelematan lingkungan dengan membuat karang buatan, bersama TNI membuat tempat ikan, PJ Bahtiar menyebut apartemen ikan.

“Kalau ada karang buatan dibuang ke laut. Itu terumbu karang menjadi rumah ikan nanti akan ada plankton dan menjadi sumber makanan ikan. Karang buatan ini menjadi tempat ikan, semakin banyak semakin bagus,” ucap Bahtiar.

Ketua Manakarra Snorkeling Mamuju, Rahmat Tahir mengatakan, rumah ikan yang dipasang berada di kedalaman 10-15 meter. Rumah ikan tersebut merupakan hasil kerja sama KOREM 142 Tatag.

“Rumah ikan bertujuan sebagai tempat ikan berbudidaya sehingga populasi ikan di lautan bisa semakin bertambah,” pungkasnya.

 

Komentar