Jumat Curhat, Kapolres Pasangkayu Dengar Saran dan Masukan Masyarakat

Mamuju Utara, Sulbar59 Dilihat

2enam.com, Pasangkayu : Sebagai upaya untuk menyerap langsung keluhan serta saran dan masukan dari masyarakat, Polres Pasangkayu Polda Sulbar, menggelar Jumat Curhat di Kelurahan Martajaya Jumat (7/6/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Kantor Kelurahan Martajaya dipimpin langsung Kapolres Pasangkayu AKBP Candra Kurnia Setiawan S.I.K didampingi Wakapolres dan para Pejabat Utama, Perwira dan Personel, dengan menghadirkan Pemerintah Desa, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda hingga Tokoh Masyarakat.

Pelaksanaan Jumat Curhat merupakan agenda rutin mingguan yang dilaksanakan disetiap hari Jumat sebagai penjabaran dari presisi Polri, sekaligus menerapkan Program Kapolda Sulbar dalam rangka meningkatkan Kinerja Kepolisian dan kepercayaan masyarakat terhadap Polri serta menyerap informasi.

Adapun pada agenda Jumat Curhat yang digelar Polres Pasangkayu bersama Polsek jajaran ini tentunya dikemas dengan berbagai inovasi. Ada yang menggelar nongkrong bersama warga, Sambangi warga, ada pula yang memanfaatkan fasilitas umum seperti pasar, warung bahkan pada tempat-tempat Ibadah seperti Masjid maupun Gereja.

Pada kesempatan itu, Kapolres Pasangkayu AKBP Candra Kurnia Setiawan S.I.K menyampaikan, tujuan dari dilaksanakannya Jumat curhat ini untuk mendengar keluhan terkait situasi kamtibmas yang berkembang sekaligus menerima saran dan masukan masyarakat.

Kapolres menyampaikan Imbauan terkait permasalahan gangguan kamtibmas. Ia mengungkapkan, setiap permasalahan yang terjadi di desa agar dapat diselesaikan dengan melibatkan semua keterwakilan dan tentunya tiga unsur pada Desa, diantaranya Kepala Desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa, sehingga dapat diselesaikan secara bersama-sama.

“Banyak kasus yang terjadi disebabkan karena mengkonsumsi minuman keras tradisional berupa sopi, sehingga diharapkan dapat menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Desa untuk dapat menidaklanjuti segera.” Katanya.

Sementara itu, terkait dengan anak dibawah umur yang mengendarai Sepeda Motor, Kapolres menekankan untuk tidak menyalahkan salah satu pihak, namun harus melihat fungsi, peranan serta tanggung jawab dari masing-masing orang tua untuk terus membina dan mengawasi setiap aktivitas anaknya.

“Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), harapan saya kepada seluruh elemen nasyarakat untuk dapat membantu serta menyukseskan Pilkada ini. Mari kita jaga Kamtibmas, sehingga kedamaian dan kesejukan tetap terjaga.” Ujarnya.

Jumat Curhat ini berlangsung santai dan penuh keakraban, serta diisi dialog interaktif bersama warga yang hadir sambil menerima langsung curhatan terkait situasi kamtibmas yang berkembang ditengah-tengah masyarakat. Ada beberapa hal yang disampaikan menjadi keluhan serta masukan masyarakat terkait dengan dampak baik maupun buruk terhadap situasi kamtibmas.

Sebagai Kapolres, sudah tentu menerima dan menjawab apa yang menjadi keluhan dan masukan masyarakat sehingga bisa dengan segera untuk ditindaklanjuti maupun mencari jalan keluar.

Kapolres berharap, melalui komunikasi dalam kegiatan Jumat Curhat ini sehingga dapat terjalinnya hubungan yang baik antara Polri dan seluruh masyarakat, serta mampu menyerap aspirasi dan menekan potensi gangguan kamtibmas di Wilayah Kabupaten Pasangkayu

 

Humas Polres Pasangkayu

Komentar