Sekprov Sulbar Harap Manfaat SPBE Dapat Dirasakan Masyarakat

Mamuju, Sulbar5 Dilihat

2emam.com, Mamuju : Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) diharapkan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, Pemerintah Provinsi Sulbar berkomitmen akan mengembangkan dan memajukan SPBE tersebut.

Hal itu disampaikan, Sekretaris Daerah Sulawesi Barat Muhammad Idris dalam rapat tim koordinasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, di rujabnya, Senin, 3 Juni 2024.

“Paling tidak kita sudah dapat gambaran komponen-komponen penilaian dari setiap elemen. Insya Allah Sulbar bisa lebih meningkat,” kata Idris.

Menurut Idris, penilaian berikutnya menargetkan ada kenaikan hasil SPBE yang dimiliki Pemprov Sulbar. Ia berharap penerapan SPBE dapat sesuai harapan, sekaligus tujuan rapat itu dimaksudkan untuk mengidentifikasi masalah yang ada.

“Termasuk masalah yang sulit ditangani secara mandiri. Jadi kita berkomitmen mengembangkan dan memajukan SPBE sebagai kemajuan,” tambahnya.

Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta untuk menginternalisasi SPBE itu sebagai sebuah kebutuhan yang tidak boleh dianggap sebagai pelengkap dari sistem pemerintahan saja.

“Tapi dia menjadi budaya dan tulang punggung dalam pengelolaan sistem pemerintahan berbasis elektronik. Kita harap manfaatnya lebih luas kepada masyarakat,” harapnya.

Sedangkan, Kadis Kominfo Sulbar Mustari Mula mengungkapkan tim SPBE melakukan evaluasi penilaian mandiri yang telah dilakukan masing-masing OPD.

“Jadi hasil penilaian mandiri yang diklaim ini, mudah-mudah hasil evaluasi ini tidak jauh bedah hasil evaluasi dari tim evaluator SPBE tingkat nasional,” ucapnya.

Namun, dia menegaskan bahwa setelah enam bulan bekerja seluruh indikator yang lemah pada tahun 2023 itu diperbaiki pada tahun ini.

“Tentu saja yang berperan disini OPD-OPD pengambil kebijakan baik domain managemennya maupun tata kelola, kebijakan bahkan layanan. Tahun lalu yang lemah itu enegmentnya,” ujarnya.

Seperti, lemahnya auditor mengaudit keamanan SPBE, termasuk terkait juga perencanaan dan penganggarannya misalnya pada saat ada belanja aset harus sinkron diperencanaan.

“Semoga nilai indeks SPBE kita tahun 2024 ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Tahun lalu kategori baik mudah-mudahan bisa masuk sangat baik,” tandasnya.

Komentar