Pj Gubernur Sulbar : Potensi Ekonomi Syariah Sulbar Besar

2enam.com, Mamuju : Pemerintah Sulawesi barat mendukung keberlanjutan pembangunan ekonomi dan keuangan syariah di Sulawesi barat.

hal itu disampaikan  Pj. Gubernur Sulbar , Bahtiar baharuddin saat membetikan sambutan pada acara penguguhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Sulawesi barat, Rabu ( 22 Mei 2024 ). ​

Bahtiar Baharuddin melaporkan bahwa Provinsi Sulbar memiliki potensi ekonomi dan keuangan syariah yang cukup besar. Salah satunya karena didukung jumlah penduduk muslim yang dominan di Sulbar, yakni sebesar 80,24% atau lebih dari 1,1 juta orang dari total populasi Sulbar.

“Jumlah pondok pesantren yang mencapai 86 pondok pesantren dengan total 12.867 santri, dimana 57 pondok pesantren diantaranya telah memiliki usaha di berbagai sektor, seperti pertanian, peternakan, dan budidaya perikanan,” sebutnya.

Selain itu, lanjut Bahtiar, potensi sumber daya alam Sulbar yang melimpah dan bernilai ekspor juga menjadi salah satu pendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di wilayah Sulbar.

“Potensi sumber daya melimpah, mulai dari mineral, perkebunan terutama sawit, pertanian, kehutanan, kelautan, dan perikanan, serta ekonomi kreatif dan UMKM yang berorientasi ekspor antara lain kerajinan lokal unik seperti lidi, batok kelapa, kain tenun mandar, dan makanan olahan halal,” urainya.

Komentar