Kemenkumham Sulbar Hadiri Rakor Persiapan Pilkada Sulbar

2enam.com, Mamuju : Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur di Plaza Waterpark Maleo

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Sosialisasi Tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024 dan Persyaratan Calon Perseorangan dalam Pilkada 2024.

Dalam kesempatan itu,, Kabid Pembinaan, Bimbingan dan TI, Akhmad Herriansyah hadir mewakili Kakanwil Kemenkumham Sulbar bersama sejumlah anggota FORKOPIMDA.

Ketua KPU Provinsi Sulawesi Barat dalam paparannya menjelaskan bahwa rakor tersebut dilaksanakan untuk melakukan koordinasi dan antisipasi segala potensi permasalahan dan konflik yang mungkin muncul dalam pilkada serentak terkhususnya Pilgub dan Pilwagub di Sulawesi Barat terkait pelaksaan Pilkada 2024.

“Persiapan-persiapan yang dilakukan dalam Kepala Daerah antara lain, perencanaan program dan anggaran, Penyusunan dan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) hingga Pembentukan PPK,PPS,dan KPPS” sambungnya

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan rakor ini adalah untuk memastikan kerjasama secara optimal antara Pemerintah Daerah,TNI, Polri, dan Intansi Vertikal lainnya guna mencegah dan mendeteksi potensi gangguan keamanan dalam pilkada tersebut berlangsung dari proses pemungutan suara sampai perhitungan suara.

Sementara itu, secara terpisah, Kakanwil Kemenkumham Sulbar, Pamuji Raharja menyebut jajarannya akan berkontribusi dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak tersebut.

“Kantor Wilayah Kementrian Hukum Dan HAM Sulawesi Barat telah berkomitmen akan senantiasa meningkatkan sinergitas dan solidaritas bersama seluruh Forkopimda dalam rangka menyukseskan Pilkada terkhusus Pilgub dan Pilwagub Sulawesi Barat 2024” sambung salah seorang Kakanwil unit wilayah di bawah kepemimpinan Menkumham, Yasonna itu. (4/5)

Selain itu, Kakanwil menuturkan bahwa sesuai arahan Presiden, Jokowi Agar seluruh elemen pemerintah untuk ikut berkontribusi dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu yang aman dan tertib.

Komentar