Kapolda Sulbar dan Seluruh PJU Jajarannya Ikuti Penandatanganan Nota Kesepahaman Antara Kementerian Pertanian dan Polri

Mamuju, Sulbar5 Dilihat

2enam.com, Mamuju :  Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Barat Irjen Pol Adang Ginanjar bersama seluruh pejabat utamanya hingga di jajaran mengikuti zoom Meeting dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepahaman Kementerian Pertanian dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia, yang berlangsung di ruang Command Center Polres Badung, Jl. KeboIwa No. 1 Mengwitani Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung, Bali, Kamis, (25/4/2024) siang.

Dalam kegiatan itu, Menteri Pertanian RI H. DR.Ir. Andi Amran Sulaiman MP dalam sambutannya menjelaskan Kondisi dunia saat ini krisis dimana 56 negara mengalami kelaparan serius dan saat ini 900 juta penduduk dunia kelaparan.

Di Indonesia sendiri kata Mentan terjadi resensi 7- 16% penduduk Indonesia rentan kelaparan. Penyebabnya karena produksi padi turun dan merugikan pertanian akibat kondisi iklim yang tidak menentu.

Pertanian saat ini butuh pasokan air dengan menggunakan pompa. Untuk itu, bantu kami biar bisa menggunakan air pompa dengan menggunakan anggaran APBN kepada para petani yang mengalami kekeringan. Ucap Mentan.

Sedangkan Kapolri Jenderal Pol. Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si. dalam sambutannya senada menyampaikan saat ini sudah terjadi krisis pangan.

Untuk mengatasi krisis itu, kata Kapolri pihaknya sudah melakukan upaya terbaik dengan membentuk satgas pangan dan terus turun dan membuat laporan. Saat ini dibutuhkan kebersaman untuk menyamakan persepsi.

“Kita menghadapi hal yang sama krisis pangan diakibatkan oleh salah satunya badai El Nino sehingga dibutuhkan sinergi yang kuat,” kata Kapolri.

Bersamaan itu, Kapolri juga menyampaikan pesan bapak Presiden agar bekerja keras bagaimana terkait dengan ketahanan pangan dapat terwujud, untuk mencegah kekurangan pangan Kita harus bisa memperluas lahan pertanian khususnya diwilayah Indonesia Timur, solusi alternatif pertanian.

“Kita memiliki satgas pencegahan korupsi bilamana diperlukan untuk mencegah korupsi di kementrian Pertanian. Kami memiliki personil Polri, khusus polda diwilayahnya masing-masing untuk melaksanakan giat ketahanan Pangan,” tutup Kapolri.

Usai mengikuti mengikuti kegiatan itu secara daring, Kapolda Sulbar memberikan atensi kepada seluruh pejabat utamanya untuk segera menindak lanjuti harapan tersebut.

“Kita maksimalkan seluruh satgas pangan di wilayah, pastikan hasil pertanian khususnya di Sulbar bisa panen maksimal tentu lewat kerjasama semua pihak,” tegas Kapolda.

Humas Polda Sulbar

Komentar