Mewujudkan Keluarga Berkualitas dari Data Kependudukan yang Berkualitas

2enam.com, Mamuju : Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pengelola Rumah Data Kependudukan (Rumah DataKu), Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat mengadakan Orientasi Pengelola Rumah DataKu Angkatan I pada 28 Februari – 1 Maret 2024 di Wisma Malaqbi, Mamuju.

Kegiatan yang dihadiri tiga puluh peserta ini terdiri dari pengelola/admin Rumah DataKu tingkat kabupaten dan tingkat kelurahan/desa. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Perwakilan BKKBN Sulbar, Rusdiyanto Monoarfa.

Dalam sambutannya, Rusdiyanto Monoarfa menyampaikan keluarga merupakan unit terkecil dari masyarakat yang akan menentukan kualitas sebuah negara. Untuk itu, BKKBN hadir untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas melalui salah satunya yaitu menyiapkan data kependudukan agar mendukung perencanaan pembangunan.

“Saya berharap data kependudukan di Rumah DataKu ini dapat dimanfaatkan untuk pengambilan kebijakan hingga ditingkat desa/kelurahan. Dan melalui kegiatan ini dapat memotivasi pengelola untuk meningkatkan Rumah DataKu di wilayah menjadi paripurna.” Kata Rusdiyanto.

Ketua Panitia, Ashari Ramadhan mengatakan bahwa Rumah DataKu sebagai kelompok kegiatan masyarakat yang berfungsi sebagai pusat data dan informasi kependudukan tingkat mikro.

“Keberadaan Rumah DataKu penting untuk didirikan di seluruh desa untuk memasok kebutuhan data yang akan digunakan dalam perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan”. Ungkap Ashari.

rls

Komentar