KPU Mamuju Musnahkan 4.606 Surat Suara Rusak dan Berkelebihan

2enam.com,, Mamuju : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju musnahkan 4.606 kelebihan dan surat suara rusak Pemilu tahun 2024 yang digelar di Kantor KPU Mamuju, Selasa, 13 Februari 2024.

Jumlah kelebihan untuk masing-masing jenis surat suara yakni Presiden sebanyak 265 lembar, DPD sebanyak 992 lembar, DPR sebanyak 1.568 lembar, DPRD provinsi 30 lembar, DPRD kabupaten dapil 1 tidak ada, Dapil 2 sebanyak 30 lembar, Dapil 3 sebanyak 238 lembar dan Dapil 4 sebanyak 6 lembar.

Jumlah Surat suara rusak yang dimusnahkan adalah surat suara Presiden sebanyak 16 lembar, DPD RI sebanyak 86 lembar, DPR RI 120, DPRD Provinsi 849 lembar, DPRD Dapil 1 sebanyak 53 lembar, Dapil 2 sebanyak 30 lembar, Dapil 3 sebanyak 224 lembar dan Dapil 4 sebanyak 99 lembar.

“Surat suara yang datang itu tidak semuanya bagus, tentu ada kekurangan, kemudian kami mengajukan lagi nah inilah kesisaannya,” kata Ketua KPU Mamuju Indo Upe saat dikonfirmasi.

Khusus untuk surat suara rusak yang dimusnahkan, sebagian besar karena robek dan kena bercak tinta.

“Kalau kerusakan sudah tercoblos di Kabupaten Mamuju tidak ada kita temukan disini murni yang kami temukan hanya karena robek atau dia banyak robek dan ada yang kena tinta nama calon seperti itu,” urai indo Upe.

Menurutnya, pemusnahan dengan cara dibakar merupakan amanah yang tertuang dalam Keputusan KPU RI nomor 1395 tentang pedoman teknis tata kelola logistik pemilu.

“Itu amanah. Memang harus dimusnahkan dengan cara dibakar karena itu merupakan cara paling aman supaya tidak ada penyalahgunaan surat suara,” ujarnya.

Pemusnahan tersebut disaksikan langsung Forkopimda Mamuju sebagai tim pengamanan, Ketua Bawaslu Mamuju Rusdin selaku pengawas Pemilu, serta seluruh pimpinan KPU Mamuju.

Komentar