Pemprov Sulbar Sosialisasikan Aplikasi E-Litbang

2enam.com, Mamuju :  Pemprov Sulbar melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Sulbar mensosialisasikan aplikasi E-Litbang.

Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat Sulbar sesuai era saat ini.

Kepala Balitbangda Sulbar, Muhammad Hamzih mengatakan, aplikasi E-Litbang akan berfungsi bagi instansi maupun kelompok masyarakat untuk memasukkan program yang nantinya akan dikaji oleh tim Balitbangda Sulbar.

“Sangat perlu penerapan sistem kerja yang berbasis elektronik dengan berbagai macam cluster komoditas aplikasi yang dapat mencakup kelitbangan dan berbagai lainnya,” kata Hamzih, Kamis 21 Desember 2023.

Ia menambahkan , berbagai fungsi E-Litbang diantaranya mengumpulkan dan menyimpan data, menerima informasi serta data yang dihasilkan oleh lembaga non Litbang.

“Termasuk juga membentuk lingkungan kondusif, melakukan intermediasi antara pelaku litbang dan non litbang dengan pengambil kebijakan. Selain itu, juga mengupayakan perlindungan terhadap publikasi aset intelektual dan terakhir mengkoordinasikan secara baik aktivitas penelitian,” ujarnya.

Sehingga, jika ini diterapkan maka semua elemen masyarakat bisa mengakses dan memberikan masukan serta penyampaikan penilitiannya lewat aplikasi E-Litbang.

“Kita harap lewat sosialisasi ini bisa memberikan manfaat bagi daerah dan menjadi pedoman bagi masyarakat untuk mencari informasi penelitian,” harapnya.

Apalagi, ini sejalan dengan program prioritas Pj Gubernur Sulbar, Zudan Arif Fakrulloh untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat setempat.

“Ini tentu menindaklanjuti program Pj Gubernur Sulbar agar setiap OPD dapat membuat program untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat,” tutupnya.

(rls)

Komentar