Disketapang Sulbar Susun Strategi Tekan Harga Beras

Mamuju, Sulbar3 Dilihat

2enam.com, Mamuju :  Dinas Ketahanan Pangan Sulawesi Barat melakukan penjajakan bagi pedagang dan pengecer yang nanti akan diidentifikasi dalam Program Fasilitasi Distribusi Pangan Beras.

Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu upaya dalam mengendalikan harga komoditas pangan di pasaran agar terjangkau masyarakat.

Kepala Bidang Distributor Cadangan dan Harga Pangan, Disketapang Sulbar, Adnan mengatakan, metode bantuan tersebut memberikan subsidi angkutan pangan. Sehingga harga dari penggilingan diupayakan sama dengan harga di pengecer.

“Kita upayakan semua pengecer beras di pasar baru dan pasar lama di Mamuju, kita berikan pengganti biaya angkut dalam menekan harga,” kata Adnan.

Sebelum melaksanakan program tersebut Disketapang Sulbar melaksanakan monitoring serta evaluasi terhadap setiap pedagang pengecer beras yang ada di pasar baru dan pasar lama mamuju.

“Fasilitasi distribusi pangan beras ditujukan untuk pengecer beras yang ada di kabupaten mamuju, kita bantu untuk transportasinya untuk beras kami siapkan dana subsidi Rp.1.000 sampai Rp.1.500/Kg”, Kata Adnan.

Terkait kegiatan fasilitasi distribusi pangan beras Dinas Ketahanan Pangan Sulawesi Barat akan kordinasi serta kerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mamuju dan Dinas Perdagangan Mamuju.

Kepala Disketapang Sulbar, Abd Waris menuturkan, bahwa nantinya setiap pengecer beras di pasar baru dan pasar lama Mamuju akan memasang spanduk yang menjelaskan harga yang harus dijualkan kemasyarakat.

“Kedepan Disketapang Sulbar pada saat program fasilitasi distribusi pangan beras berjalan akan bekerjasama dengan satgas ketahanan pangan terkait pengawasan dilapangan,” ungkapnya.

Adapun sanksi bagi pengecer yang kedapatan tidak melaksanakan atau menjalankan program yang ada maka bersiap mengembalikan biaya subsidi yang telah diberikan oleh pemerintah serta dicabut izin usahanya.

myu

Komentar