Kehutanan Sulbar Jadi Kandidat SPARE

2enam.com, Jakarta : Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Direktorat Inventarisasi dan Pemantauan Sumber Daya Hutan mengadakan Sosialisasi Rencana Pengembangan Perencanaan dan Tata Kelola Hutan Alam Berbasis Tata Ruang Ekosistem Tangguh (SPARE) di Hotel Century, Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2023.

Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menjadi salah satu Kandidat Proyek SPARE bersama 4 (empat) provinsi lainnya yaitu Bengkulu, Jawa Tengah, Kalimantan Utara dan Nusa Tenggara Barat.

Dalam sosialisasi ini, Dinas Kehutanan Sulbar yang diwakili Sekretaris Dinas Kehutanan Sulbar, Suharnani Kahir berkesempatan menjadi narasumber untuk menyampaikan Kondisi dan Pengelolaan Hutan di Sulbar.

Salah satu hal yang disampaikan dalam paparannya, yaitu mengenai permasalahan dalam pengelolaan hutan di Sulbar antara lain, masih banyak kawasan hutan yang diintervensi dan dikelola tanpa perizinan, degradasi yang tinggi, dukungan anggaran dan SDM yang sangat terbatas, peranan daerah sesuai kewenangan masih kurang dan perlindungan terhadap keanekaragaman dan spesies endemic belum secara khusus dilaksanakan.

Proyek SPARE ini diharapkan dapat memperkuat perencanaan dan informasi berbasis geospasial kehutanan untuk meningkatkan tata kelola hutan produksi, hutan lindung, dan APL melalui optimalisasi pengelolaan (konservasi dan pemanfaatan berkelanjutan), restorasi, dan pemantauan ekosistem alami dengan keanekaragaman hayati tinggi guna menghasilkan beragam manfaat terhadap mata pencaharian masyarakat.

(rls)

Komentar