DTPHP Sulbar Beri Edukasi Rabies di SDN 1 Mamuju

2enam.com, Mamuju : Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar) melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (DTPHP) melaksanakan kegiatan edukasi rabies di SD Negeri 1 Mamuju beberapa waktu lalu.

Edukasi rabies merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Rabies Sedunia yang diperingati setiap tanggal 28 September. Hari Rabies Sedunia ditetapkan oleh Global Alliance for Rabies Control (GARC) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sebagai media promosi dalam upaya melawan penyakit rabies dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global akan pentingnya pencegahan penyakit rabies.

Kegiatan edukasi diberikan kepada perwakilan Kelas VI SD Negeri 1 Mamuju. Tujuannya memberikan pemahaman tentang rabies, baik itu hewan yang dapat tertular rabies, gejala rabies, bahaya penyakit rabies serta langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya rabies.

Diharapkan informasi tentang penyakit rabies serta upaya perlawanannya dapat dilakukan bersama, antara pemerintah dan masyarakat umum lainnya, melalui informasi yang disebarkan oleh anak-anak sekolah yang telah mendapatkan edukasi.

Pada kegiatan itu, sesi materi diisi oleh drh. Ni Putu Novi Aritayanthi, drh. Syukur Hamdan Ali dan drh. Alpian Dharmawan. Materi yang diberikan, disampaikan dengan metode pertisipatif serta bermain peran dalam penanganan kasus gigitan anjing yang diduga rabies. Dalam sesi tersebut, anak-anak sangat menikmati kegiatan belajar partisipatif yang diberikan.

(rls)

Komentar