Sulbar Kembali Terima DBH Sawit, Zudan Minta Agar Kebun Sawit Diperluas

2enam.com, Mamuju :  Sulawesi Barat dan enam kabupatennya kembali mendapat Dana Bagi Hasil (DBH) kelapa sawit di tahun 2024 senilai Rp 39 miliar, DBH tersebut diperuntukkan bagi infrastruktur.

Pj Gubernur Sulbar Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, tahun 2023 Sulbar dan enam kabupaten menerima DBH senilai Rp 41 miliar. Dana ini diperuntukkan bagi infrastruktur di daerah penghasil sawit.

“Digunakan untuk pembangunan infrastruktur perbaikan jalan, jembatan, pendataan petani kelapa sawit dan untuk upaya-upaya yang mendukung bagaimana agar sawit berkembang di Sulbar,” ungkap Zudan.

Zudan mengaku, telah berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian Pertanian dalam menyusun RKB. “Rencana kerja untuk pemanfaatan DBH itu, tahun 2023 dan 2024. Jadi, Insya Allah DBH itu akan kita dapatkan setiap tahun,” jelasnya.

Ia menjelaskan, variabel DBH bisa naik dan bisa turun, tergantung luasan lahan sawit, jumlah pohon dan hasil produksinya.

“Jadi, arahan dari pusat adalah sawit di Sulbar harus ditambah luas lahannya, kemudian dilakukan peremajaan. Saya sudah bicara dengan kementerian pertanian, direktur sawit, mereka akan datang kesini beliau-beliau semua, untuk menambah luas lahan dan untuk melakukan peremajaan,” ungkapnya.

Di Sulbar kata di, tanaman sawit di Sulbar sudah berusia 15 taun ke atas. “Rencana kerja dan pemanfaatannya itu bila sudah disetujui oleh Kementerian Keuangan, maka dananya baru dicairkan,” terang Zudan.

myu

Komentar