Pj Gubernur Dorong SMA Negeri 1 Persiapkan Siswa Melalui Pola Talent Scouting

2enam.com, Polman : Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh mengunjungi SMA Negeri 1 Polewali Mandar, bertemu para guru dan siswa membincang terkait pengembangan potensi siswa.

Pj Gubernur Sulbar Prof Zudan Arif Fakrulloh dalam kunjungan tersebut didampingi Asisten III Pemprov Sulbar Jamil Barambangi, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulbar, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulbar Andi Farid dan Kepala Dinas Koperasi Perdagangan Perindustrian Bau Akram Dai dan Kepala Balitbangda Sulbar Muhammad Hamzih.

Dihadapan guru dan siswa Sestama BNPP itu mengatakan, untuk membangun kemampuan dan keterampilan siswa dibutuhkan pendamping khusus.

Apalagi dengan jumlah murid saat ini sebanyak 1206 orang dan guru sebanyak 107 dinilai memiliki rasio yang cukup. Ia mendorong agar guru dapat melakukan pembinaan dengan melakukan pendampingan siswa 1 guru 12 orang.

“Kalau diitotal sudah baik, satu guru bisa membimbing 12 orang dengan di mentoring setiap anak, melalui pola Talent Scouting,” kata Zudan.

Ia mengatakan, dengan Talent Scouting dapat menjadi langkah untuk melihat kemampuan setiap siswa, melalui bakat siswa yang berguna membangun rasa percaya diri peserta didik, Talent Scouting juga dapat menjadi media bagi peserta didik untuk menampilkan kamampuan yang dimiliki.

“Talent scouting itu di monitor kecenderungan potensi siswa sehingga dari potensi itu dilihat siswa mau kemana mau jadi seniman musisi, dokter ketika lulus dapat ditindaklanjuti,” kata Zudan.

Dengan begitu menurutnya siswa dan alumni di SMA N 1 nantinya akan meningkatkan kualitas dan taraf sekolah.

“Guru Harus tau kemampuan putra dan putri untuk masuk ke kampus yang di inginkan. Cara meningkatkan kemampuan peserta didik, prinsipnya dengan berlatih yang serius,” ucap Zudan.

Selain itu, untuk menguatkan kemampuan siswa, diperlukan Program bimbingan belajar tambahan yang dapat diberikan oleh guru. Yang terpenting adalah bagaimana siswa mau mengembangkan diri untuk lebih baik.

“Saya hanya berpesan empat untuk peningkatan siswa di sekolah yaitu dengan Talent Scouting, Berprasangka baik kepada Tuhan, berlatih terus menerus dan berdoa,” tutup Zudan.

(rls)

Komentar