Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 Tahun 2023 Dirjen Pemasyarakatan Gelar Pekan Olahraga Pemasyarakatan

2enam.com, Mamuju : Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Sulbar menyebut menyambut peringati Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 Tahun 2023, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham melaksanakan Pekan Olahraga Pemasyarakatan dengan tema “NATIONAL INMATE’S SPORTS DAY”.

Hal itu disampaikannya saat mewakili Kakanwil Kemenkumham Sulbar, Parlindungan yang dalam kesempatan yang sama menghadiri Rapat Paripurna DPRD Mamasa Peringatan Hari Jadi Mamasa yang ke 21.

“Pekan Olahraga Pemasyarakatan dengan tema “NATIONAL INMATE’S SPORTS DAY” ini merupakan salah satu wadah untuk terus menyatukan langkah dalam mencapai tujuan pemasyarakatan di Indonesia” ujarnya saat mengikuti pembukaan kegiatan itu secara virtual bersama Kepala Divisi Administrasi, Slamet Pramoedji, dan jajaran di Aula Pengayoman. Sabtu  (11/03/2023)

Pembukaan Pekan Olahraga Pemasyarakatan itu dilaksanakan secara terpusat di Lapas Narkotika Kelas IIA Jakarta yang dihadiri oleh Menkumham, Pimti Madya unit Utama, Staf Ahli & Staf Khusus, Pimti Pratama Setjen & Ditjen PAS, forkopimda setempat dan duta besar dan perwakilan negara sahabat.

Menkumham, Yasonna dalam kesempatannya saat membuka kegiatan itu mengatakan bahwa pada peringatan HBP ke-59 ini menjadi kesempatan untuk menunjukkan kepada publik bahwa narapidana adalah teman kita, yang dapat menjadi anggota masyarakat yang taat hukum dan tidak mengulangi tindak pidana. Ini adalah tujuan utama dari Layanan Pemasyarakatan kami: “untuk mengoreksi daripada menghukum”.

“Partisipasi Anda dalam acara ini akan mengirimkan pesan yang kuat kepada dunia bahwa narapidana layak diperlakukan sebagai manusia, yang memiliki hak dan kewajiban yang sama seperti orang lain, meski terkurung oleh tembok penjara,” ujarnya.

Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-59 sendiri diperingati pada tanggal 27 April setiap tahunnya dan bertujuan untuk mengenang sejarah perjuangan para pegawai pemasyarakatan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam mengelola tahanan dan narapidana di Indonesia.

Di Jakarta, Duta Besar dari berbagai negara akan berolahraga bersama para warga binaan di Lapas Narkotika Jakarta. Tak hanya itu, mereka juga akan melihat pameran produk karya warga binaan sebagai bentuk dukungan terhadap industri kreatif yang ada di lingkungan Pemasyarakatan.

Di tempat terpisah, saat menghadiri puncak Hari Jadi Kabupaten Mamasa ke 21, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulbar, Parlindungan mendukung rangkaian peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-59, yang salah satunya adalah Pekan Olahraga dan Seni.

Ia berharap dengan terlaksananya kegiatan tersebut dapat memupuk rasa kebersamaan, mendapatkan kebugaran tubuh dengan olahraga yang diperlombakan, serta menjadi penyemangat dan kekompakkan dalam bekerja.

rls

Komentar