Parlindungan Bersama Jajaran Aktif Melakukan Razia di Lapas dan Rutan.

Terbaru8 Dilihat

2enam.com, Mamuju : Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, Parlindungan mangaku jajarannya rutin melakukan Razia atau penggeledahan di Lapas dan Rutan.

“Hal itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi untuk menjaga keamanan dan ketertiban” ujarnya

Parlindungan menilai, potensi gangguan kemanan dan ketertiban biasanya meningkat pada sejumlah perayaan hari-hari besar.

“Untuk itu, langkah antipasti yang dilakukan melalui penggeledahan blok hunian di Lapas dan Rutan Rutan yang dilakukan oleh Tim Satopspatnal Kemenkumham Sulbar” sambung salah seorang Kakanwil unit wilayah di bawah kepemimpinan Menkumham, Yasonna H. Laoly itu di sela-sela waktunya (4/3)

Terkait dengan itu, Jelang Bulan Ramadhan, Tim Satopspatnal Lakukan Razia dan Penggeledahan Mendadak di Rutan Kelas IIB Mamuju dalam rangka deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban,pada Jumat, (03/03/2023)

Pelaksanaan penggeledahan dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Keamanan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Barat, Tubagus M. Chaedir didampingi oleh Kepala Sub. Bidang Lola Basan Barang dan Keamanan Ahmad Lamo berserta Tim.

Sebelumnya, Tubagus Chaedir menyampaikan penggeledahan yang dilakukannya dalam rangka deteksi dini, melalui penggeledahan demi menjaga keamanan dan ketertiban di Rutan menjelang Bulan Suci Ramadan.

“Mudah-mudahan semua Lapas Rutan yang ada di Sulawesi Barat selalu dalam keadaan aman dan kondusif. Saya yakin kegiatan tersebut sudah dilaksanakan disini baik secara insidentil maupun secara rutin. Dan untuk malam ini kita laksanakan bersama dari Tim Divisi Pemasyarakatan” sambungnya
Chaidir meminta agar penggeledahan penggeledahan yang dilakukan sesuai sesuai norma-norma yang berlaku,

“saya berharap penggeledahan dilaksanakan dengan humanis, tetap mengedepankan etika dan sopan santun serta tetap menghormati hak-hak Warga Binaan agar kegiatan dapat berjalan dengan tertib, lancar. ” ucap Tubagus.

Adapun barang-barang yang kita sita berupa semua barang-barang yang tidak seharusnya berada di dalam Rutan”, tambahnya.

Selanjutnya, Tim Satops Patnal langsung menuju blok/kamar hunian WBP di Rutan Mamuju untuk melakukan penggeledahan yang mana pada kegiatan tersebut dilaksanakan secara acak/sampling.
Dari hasil penggeledahan ini tidak ditemukan barang-barang mencurigakan berupa narkoba dan handphone, sehingga Tubagus mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Rutan Mamuju untuk terus melakukan pencegahan masuk barang-barang terlarang.

rls

Komentar