Kemenkumham Sulbar Berupaya Tingkatkan Kompetensi SDM

Mamuju, Sulbar5 Dilihat

KBRN, Mamuju : Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, Faisol Ali menyebut saat ini Kementerian Hukum dan HAM terus berupaya melakukan peningkatkan dan pengembangan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM)

Menurutnya, upaya yang dilakukan itu dilakukan diantaranya melalui pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan sebagai wujud upaya untuk menjawab tantangan dalam pencapaian tujuan organisasi.

“Kementerian Hukum dan HAM saat ini terus melakukan pengembangan kompetensi pegawai. Hal itu dilakukan karena semakin kompleksnya tantangan yang saat ini yang mewajibkan kita untuk terus memberikan kinerja terbaik untuk Masyarakat” ucap salah satu Kakanwil Institusi Menkumham, Yasonna itu, usai menghadiri pembukaan Kesamaptaan Angkatan IV dan V secara virtual yang dilaksanakan oleh Badiklat Sulut Senin 21 November 2022

Faisol menilai, khusus pelatihan kesamaptaan dilakukan untuk membentuk kesiapsiagaan fisik dan mental dalam menghadapi tantangan saat menjalani tugas dan fungsi.

“Petugas P2U sebagai garda terdepan harus memiliki komitmen yang kuat dalam menjaga pintu utama dan berintegritas tinggi memeriksa siapapun yang masuk dan keluar Lapas atau Rutan sesuai SOP” lanjutnya

“Saya berharap seluruh UPT Pemasyarakatan, khsususnya Lapas/Rutan/LPKA melalui kegiatan ini bisa semakin meningkatkan pengawasan dan pengamanan Warga Binaan Pemasyarakatan,” ujar Kakanwil.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Pengembangan SDM Hukum dan HAM Asep Kurnia. Ia berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kompetensi, substansi pengamanan, dan memahami tugas seorang petugas pengamanan.

“Pelatihan ini berguna untuk meningkatkan substansi pengamanan dan memahami tugas seorang petugas pengamanan mampu mengambil langkah dan keputusan saat bertugas sesuai ketentuan yang berlaku,” pungkas Kepala BPSDM.

Selain itu, Asep Kurnia mengingatkan kepada peserta terkait amanat Presiden pada Tahun 2021 mengenai Core Values ASN Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (Ber-AKHLAK). Adanya Core Values ASN ini sebagai sari dari nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN.

“Setiap ASN yang bertugas di mana pun harus memiliki nilai dasar dan prosisi yang sama dalam melayani masyarakat. Mari tingkatkan kinerja Hukum dan HAM dengan semangat PASTI,” tutup Asep Kurnia.

rls

Komentar