Kakanwil Kemenkumham Sulbar Ikuti Hari Ulang Tahun Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI

Mamuju, Sulbar11 Dilihat

2enam.com, Mamuju : Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat, Faisol Ali menyampaikan apresiasi di Hari Ulang Tahun Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI yang diperingati hari ini untuk terus berkinerja terbaik dalam melaksanakan tugas di bidang pendampingan dan konsultasi di seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM.

“Di HUT Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM hari ini, Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat menyampaikan selamat dan apresiasi atas capaian kinerja yang telah diraih oleh jajaran Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM” ujar Faisol Ali saat mengikuti secara virtual puncak peringatan HUT Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM secara virtual Rabu (3/11/2022).

Faisol Ali menilai, sejumlah prestasi dan capaian kinerja yang telah diraih oleh jajaran Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM .

Di tempat terpisah, peringatan puncak HUT Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM tersebut juga diikuti oleh para Pimti Kanwil Kemenkumham Sulawesi Barat secara virtual

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly dalam kesempatan itu mengatakan, memasuki usia ke-56 Tahun, Inspektorat Jenderal memiliki peranan penting dalam mengawal kinerja organisasi Kementerian Hukum dan HAM.

Yasonna menilai Itjen melaksanakan peran sebagai Quality Assurance, Consulting, dan Strategic Partner dengan lebih banyak mengedepankan fungsi memberikan pendampingan dan konsultasi dibandingkan dengan pemeriksaan untuk mencari temuan/kesalahan.

“Itjen bukan hanya sekedar pelengkap organisasi, namun Itjen harus menjadi Center of Excellence. Untuk itu, Itjen perlu secara continue mengoptimalkan fungsi Quality Assurance, Consulting, dan menjadi Strategic Partner dalam mengawal kinerja. Tujuannya untuk meningkatkan akuntabilitas keuangan negara, memperbaiki tata kelola pemerintahan, dan pengendalian atas risiko,” ujarnya.

Yasonna juga menghimbau kepada Seluruh Unit Eselon I dan Satuan Kerja untuk mengambil langkah yang serupa dengan apa yang telah diambil oleh Inspektorat Jenderal, sehingga salah satu tujuan Reformasi Birokrasi yaitu menciptakan pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN dapat kita wujudkan di Kementerian Hukum dan HAM.

“Saya selalu mengamati perkembangan realisasi dari apa yang Itjen telah canangkan dan rencanakan. Tahun lalu, saya sangat mengapresiasi dan memberikan penghargaan atas upaya yang telah dilakukan oleh Inspektur Jenderal dan jajarannya melalui Panca Komitmen & Panca Program Unggulan Tahun 2021. Pada tahun 2022 ini, dari apa yang telah ditayangkan melalui video dan laporan yang sangat komprehensif oleh Saudara Irjen, saya kembali memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas capaian kinerja dan implementasi Program Unggulan Itjen Tahun 2022,” ujarnya.

Menkumham selalu mengingatkan jajaran tentang pentingnya integritas adalah hal yang utama. “Terakhir, yang anda harus selalu ingat bahwa kualitas kerja itu merupakan hal penting tetapi integritas itu adalah yang paling utama. Untuk memberikan pelayanan nyata, Saudara harus menambahkan sesuatu yang tidak bisa dibeli atau diukur dengan uang, dan itu adalah ketulusan dan integritas,” pungkasnya.

rls

Komentar