Terkendala Penyaluran BBM Subsidi, Nelayan Kepulauan Bala Balakang: Terima kasih Ombudsman Sulbar

Mamuju, Sulbar5 Dilihat

2enam.com, Mamuju : Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Barat kembali menyelesaikan laporan masyarakat Rabu  (2/11/2022). Laporan yang telah diselesaikan kali ini merupakan laporan dari seorang nelayan dari Desa Bala Balakang yang tidak mendapatkan pelayanan dari SPBU Simboro terkait penyaluran BBM Solar bersubsidi.

“Masalah yang dilaporkan oleh Pelapor terkait penyaluran BBM Solar bersubsidi. Pelapor sudah menyampaikan keluhan kepada Petugas SPBU namun tidak mendapat tanggapan dan sudah diarahkan dinas terkait untuk membuat surat keterangan dari pemerintah desa, namun pihak SPBU tetap tidak memberikan akses untuk layanan BBM Solar bersubsidi untuk nelayan.” Ungkap Irfan Gunadi, Plh. Kepala Perwakilan Ombudsman Sulbar

Sebelumnya, Pelapor telah mempertanyakan ke Dinas ESDM Provinsi Sulawesi Barat dan Dinas Kelautan & Perikanan Provinsi Sulawesi Barat terkait kendala yang dihadapi, kedua dinas tersebut menyampaikan bahwa terkait akses BBM Subsidi untuk nelayan dapat diakses dengan beberapa cara seperti yang dijelaskan dalam Peraturan Badan Pengatur Hilir Minyak Dan Gas Bumi Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2019 Tentang Penerbitan Surat Rekomendasi Perangkat Daerah Untuk Pembelian Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu. Pelapor diminta untuk mengurus Surat Rekomendasi dari Kepala Desa Bala Balakang untuk pembelian BBM Solar Bersubsidi.

“Karena tidak mendapatkan pelayanan, Pelapor melapor ke Ombudsman Sulbar. Setelah kami melakukan analisa terkait permasalahan dan peraturan yang ada, SPBU Simboro diduga melakukan tindakan maladministrasi, sehingga kami melakukan permintaan klarifikasi kepada Manajer SPBU.” terang Nurul Alif Densi, Asisten Ombudsman Sulbar yang menangani laporan tersebut.

Dalam proses pemeriksaan Terlapor, Ombudsman Sulbar menyatakan pihak SPBU berkewajiban untuk menyalurkan BBM Solar bersubsidi kepada Pelapor karena telah memenuhi syarat.

Setelah melakukan pemeriksaan, Manajer SPBU Simboro segera menemui Pelapor untuk dapat memperoleh penyaluran BBM Solar bersubsidi.

“Kami sudah bertemu manajer SPBU nya. Kami atas nama nelayan Bala Balakang ucapkan terima kasih atas bantuan Ombudsman Sulbar.” ucap Pelapor

Manajer SPBU Simboro juga berpesan kepada masyarakat apabila menjumpai kendala dalam penyaluran BBM dapat langsung menyampaikan ke pihak manajemen SPBU-nya agar dapat ditindak lanjuti.

Humas ORI Sulbar

Komentar