oleh

2020 , 43 Desa se-Kabupaten Mamuju Akan Helat Pilkades

-Mamuju-118 views

2enam.com, Mamuju, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju kembali melakukan pelantikan terhadap enam Pejabat Kepala Desa dari dua Kecamatan yakni, Kecamatan Kalumpang dan Kecamatan Tommo. Dari enam Pejabat Kepala Desa yang dilantik 20 November 2019 kemarin, empat diantaranya dari Kecamatan Kalumpang dan dua dari Kecamatan Tommo Kabupaten Mamuju.

Diwawancarai usai pelantikan, Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Mamuju, Abdul Rahim Mustafa mengatakan, bahwa sebelumnya pihaknya sudah melakukan pelantikan yang sama terhadap 14 desa se-Kabupaten Mamuju.

“Sampai saat ini, sudah ada sekitar 20 yang kita lantik sebagai Pejabat Kepala Desa,”ujar Abdul Rahim Mustafa kepada wartawan, Rabu (20/11/2019).

Lanjut ia mengungkapkan, bahwa di tahun 2020 nanti akan ada sebanyak 43 desa yang akan melakukan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Mamuju.

“Tahun depan karena aturannya itu yang melakukan Pilkades 2021 bisa ditarik ke 2020, jadi sekitar 43 desa,”katanya.

“Aturannya ada pada Undang-undang nomor 6 Permendagri,”sambung Abdul Rahim Mustafa.

Untuk Petunjuk Teknis (Juknis) Pilkades, Abdul Rahim Mustafa mengaku, pihaknya menunggu instruksi dari Bupati Mamuju.

“Belum ada Juknisnya. Nanti kalau sudah ada ketentuan waktu baru kita lakukan,”ungkap Abdul Rahim Mustafa.

Untuk anggaran pelaksanaanya, Abdul Rahim Mustafa mengungkapkan, bahwa diambil dari APBD dan Dana Desa.

“Anggarannya diseiringkan. Kalau untuk pelaksanaan, seperti kotak suara, honor pengawasan, traspor panitia tingkat desa diambil dari APBD. Kemudian bisa juga Dana Desa dalam anggaran kecil katakanlah, 5 juta satu desa untuk biaya makan dan minum,”tuturnya.

(eka)

Komentar