Sapo Manarang Pemilu, Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Menggunakan Hak Pilih

Mamuju, Sulbar9 Dilihat

2enam.com, Mamuju, Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Mamuju resmikan Sapo Manarang Pemilu (Rumah Pintar Pemilu) di Kantor KPU Mamju, Rabu (20/12/17).

Dalam acara peresmian tersebut Ketua KPU Mamunu Hamdan Dangkang mengatakan, jika peluncuran Sapo Manarang ini di peruntukan untuk masyarakat.

Sapo Manarang Pemilu, Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Menggunakan Hak Pilih

“Kita peruntukan untuk masyarakat umum, dan khususnya untuk Kab. Mamuju, jadi masyarakat atau komunitas-komunitas yang ingin mendapatkan informasi seputar tentang proses pemilu-pemilu sebelumnya bisa datang ke rumah pemilu ini,” katanya.

Diakui Hamdan jika peresmian rumah pintar ini merupakan langkah-langkah untuk meningkatkan partisipasi pemilih terutama pemilih pemula.

“Selain tujuan utama kita untuk mencari strategi dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih, karena disitukan sudah ada grafis-grafisnya, ditahun ini sekian kenaikannya, tahun ini ada penurunan, dengan jalan ini kita bisa mencari strategi apa yang bisa kita gunakan, untuk bagaimana kedepannya khususnya pemilih pemula ini mau menggunakan hak pilihnya,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menagatakan jika akan bekerja sama dengan pergguruan tinggi maupun sekolah demi menggaet pemilih pemula agar mau datang ke rumah pintar pemilu tersebut.

“Makanya dengan ini kita akan menyurat kepada masing-masing perguruan tinggi dengan sekolah-sekolah tingkat SMK dan SMA, bagaimana mengilir untuk datang balajar di tempat ini sehubungan dengan Pemilu dan seperti apa hak-hak mereka dalam pelaksanaan Pemilu, baik Pemilu maupun kepala daerah,” tutur ketua KPU Mamuju tersebut.

Operasional dari rumah pintar ini sepanjang jam kantor, mulai Pukul 08.00-16.00 WITA, dan akan dilayani petugas PPID untuk mendapatkan data-data yang diinginkan.

Ditemui ditempat yang sama Ketua KPU Sulbar Usman Suhuria mengatakan jika rumah pintar pemilu ini merupakan planning nasional.

“Kita akan dorong tiap kabupaten di Sulbar agar memiliki rumah pintar, karena ini jadi planing nasional, jadi pada akhirnya semua akan ada rumah pintar pemilunya, jadi rumah pintar yang ada saat ini akan terus kita benahi sampai semua 6 kabupaten ini memiliki rumah pintar, agar target 75.5% pemilih nasional tercapai,” tutup ketua KPU Sulbar tersebut. (74b*)

Komentar