oleh

120 Siswa Terbaik di Sulbar Jalani Pembinaan Siswa Berprestasi

2enam.com, Mamuju :  Salah satu misi Gubernur Sulbar adalah Sulbar harus mampu bersaing melalui sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, unggul dan berbudaya. Misi ini bisa terealisasi melalui pembinaan siswa berprestasi, sehingga putra dan putri Sulbar yang berprestasi mampu mendorong perubahan pola pikir masyarakat Sulbar untuk semakin maju nantinya.

Hal tersebut ditekankan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar saat menghadiri acara  Pembinaan Siswa Berprestasi melalui video conference di Rujab Gubernur Sulbar,  Senin 8 Maret 2021.

“Kita menginginkan anak-anak berprestasi di Sulbar ini bisa melanjutkan sekolah mereka di universitas terbaik. Melalui pembinaan ini kita menginginkan pembinaan berprestasi di bidang pendidikan esakta, namun  bukan berarti bidang pendidikan lainnya tidak kita lakukan pembinaan,”kata Ali Baal

Ali Baal berharap, kedepan para siswa-siswa berprestasi yang berasal dari Sulbar mampu mengabdi pada bidang-bidang, seperti menjadi dokter, angkatan militer, angkatan kepolisian dan pada instansi swasta yang berkualitas.

“Semua hal itu akan kita dorong pada pembinaan siswa berprestasi,”ucap Ali Baal

Gubernur Sulbar menegaskan, Sulbar tidak boleh tertinggal terlalu jauh dari daerah lainnya dari segi SDM dan juga pendidikan.

Olehnya itu, Ali Baal berpesan, jangan pernah berhenti belajar dan mengukir prestasi, sebab prestasi yang diraih para siswa merupakan salah satu bukti Sulbar mampu bersaing di bidang SDM.

“Untuk itu pembinaan seperti ini harus dilakukan secara rutin dan pertemuan-pertemuan membahas pendidikan juga harus dilakukan sesering mungkin,”tandasnya.

Kapela Disdikbud Prof Gufran Darma Dirawan mengatakan , sebanyak 120 siswa terbaik yang dipilih untuk dilakukan pembinaan secara khusus agar dapat lolos ke seluruh univesitas unggulan di Indonesia.

“Kita tes mereka (siswa) dengan soal yang sama dan setara dengan SNPTM dan tidak pernah dikerjakan oleh orang, hasilnya 19 anak-anak nilainya diatas 700 poin, 19 orang ini diyakini dapat lolos diseluruh universitas terbaik di Indonesia. Termasuk masuk Akpol, Akmil dan IPDN,”kata mantan WR II UNM itu.

Kemudian, lanjut Gufran, masih ada sekira 84 orang nilainya di atas 600 poin dan juga diyakini akan banyak lolos ke universitas terbaik di Indonesia.

“Kenapa kita lakukan pembinaan karena berharap dengan pembinaan ini nilainya jauh lebih tinggi,”ujanya.

Dikatakan,  sebanyak 120 siswa yang resmi masuk dalam program pembinaan. Semua siswa tersebut hadir dalam pembukaan pelatihan di LPMP Kabupaten Majene.

“Akan ada program khusus untuk mereka, hasilnya nanti akan dikirim ke seluruh sekolah untuk dipelajari dan didesiminasikan. Paling tidak tahun depan bisa mengubah kualitas mutu pendidikan kita jauh lebih tinggi,”ujarnya.

Lebih lanjut dikemukakan, sebanyak 120 siswa tersebut akan terus dilakukan pendampingan. Selain dilakukan uji kognitif juga akan dilakukan pembinaan minat khusus atau minat bakat.

“Disitulah nanti kita akan tahu, berapa yang masuk IPDN, Akmil, Polri, kemudian berapa yang masuk di kedokteran. Kita akan arahkan anak-anak kita,”ucpanya.

Saat ini, Disdikbud Sulbar melakukan seleksi pembinaan siswa berprestasi yang diikuti 1.089 siswa dari 10 siswa terbaik setiap SMA dan SMK se Sulbar.

Pada kegiatan tersebut, Gubernur Sulbar didamping Asisten I Bidang Pemkesra Setda Sulbar,  Muh. Natsir. (deni)

Komentar